Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 7 (Secretive Women)




Setelah satu tahun lebih IMO absen memberi update mengenai perkembangan Detective Conan (karena memang alur utama tidak begitu banyak muncul di tahun 2019), akhirnya kini IMO kembali membahas kelanjutan perkembangannya dalam chapter terbaru tentang "Pembunuhan di Pesta Ulang Tahun Model". Tak ada yang spesial di chapter awal kasus ini yaitu chapter 1047. Namun di chapter 1048 akhirnya muncul "plot penting" walau hanya beberapa halaman saja. Bagian ini cukup penting karena memuat latar belakang salah satu karakter misterius, yaitu Mary.

Mary yang merupakan ibu dari Akai bersaudara (Shuichi Akai, Shukichi Haneda, dan Masumi Sera) pertama kali muncul di serial ini dalam bentuk tubuh anak-anak sampai akhirnya diketahui bahwa ia sebenarnya adalah orang dewasa yang tubuhnya mengecil, sama dengan Conan dan Ai. Namun alasan ia mengecil hingga kini masih belum diketahui. Namun titik terang mengenai hal ini mulai terlihat di halaman terakhir chapter 1048. Di sana Mary bertemu dengan Vermouth diluar perkiraannya.

Adegan tersebut diawali dengan pertemuan Mary dengan Tsutomu yang merupakan suaminya di depan Vauxhall Brigde di London, Inggris setelah sepuluh tahun tanpa kabar. Di sana, Tsutomu mengaku bahwa ia sempat kehilangan ingatan ketika dikejar sebuah organisasi besar. Ia juga menanyakan bila Mary juga membawa putra-putranya ke London bersamanya. Namun Mary hanya mengatakan bahwa ia hanya membawa anak perempuan mereka. Tsutomu terlihat sedikit terkejut mendengarnya dan Mary mencoba mengingatkannya bahwa dulu ia sering menggendong putrinya bersama.







"Oh bocah itu... Apa dia sudah tumbuh besar?" tanya Tsutomu, menanggapi pernyataan Mary. Namun mendengar tanggapan itu, Mary malah menangis. Mary bahkan kemudian tak segan mengacungkan pistol ke arah suaminya. Apa yang terjadi? Awalnya IMO pikir Mary sedang berada di bawah ancaman organisasi dan diperintahkan untuk membunuh suaminya agar anak-anaknya bisa selamat, tapi pada akhirnya ia diracun setelah membunuh Tsutomu. Namun....



Kenyataannya ternyata terbalik dari apa yang IMO kira. Tsutomu lah yang hendak menghabisi Mary. Atau, bukan Tsutomu ya, melainkan Vermouth yang menyamar menjadi Tsutomu. Mary sadar bahwa pria yang ada di hadapannya bukanlah suaminya yang asli karena pada saat mereka berpisah (bukan cerai), anak terakhirnya masih berada di dalam kandungan. Mary mengarang cerita untuk membuktikan apakah itu benar suaminya atau tidak.

Tak bisa mengelak, akhirnya Tsutomu palsu membuka topengnya. Ia adalah Vermouth yang sedang menyamar, sementara Mary telah dikelilingi oleh bawahan Vermouth. Vermouth berniat memberikan racun APTX 4869 kepada Mary dan anak-anaknya. Tapi walau penyamarannya telah ketahuan, ia masih tetap berniat meracuni Mary.

Ia kemudian meletakkan tablet tersebut di mulutnya dan langsung mencium bibir Mary, memaksa Mary meminum racun tersebut dari mulut Vermouth. Vermouth beranggapan bahwa Mary yang merupakan anggota MI6 bisa menjadi ancaman yang cukup besar baginya dan organisasi. Dan ketika racun tersebut berekasi, Mary dengan cepat menjatuhkan dirinya ke sungai. Hal ini sempat mengejutkan Vermouth tapi ia segera pergi ketika orang-orang di sekitar jembatan melihat seseorang terjatuh ke sungai. Ini juga membuat Vermouth tak bisa mengetahui apa yang terjadi selanjutnya pada Mary. Sementara Mary yang keracunan kemudian tubuhnya mengecil layaknya Conan dan Ai. Ia kemudian kembali ke hotel tempatnya menginap untuk menemui putrinya, Sera yang menunggu di kamar, sesuai cuplikan di chapter 1025.
Cuplikan Chapter 1025

Sera yang menunggu di hotel sempat waswas karena ibunya tak kunjung kembali. Namun ketika seseorang mengetuk pintunya, ia mendapati seorang anak kecil yang basah kuyup. Mary mencoba menjelaskan situasinya dan mengapa ia menjadi seperti itu kepada Sera. Hingga kini pun Sera masih serasa tak percaya dengan apa yang ia lihat.



Chapter ini menjadi kali kedua sosok Mary dewasa muncul di dalam serial, dimana pertama kali muncul saat kasus Mobil Terjun ke Laut di Chapter 972-974 atau episode 881-882. Sosok Mary yang berambut pirang dan sangat mirip dengan Ai Haibara telah memunculkan sebuah kontroversi dimana kemungkinan ibu dari Ai yaitu Elena merupakan saudari dari Mary.

Elena dan Mary sama-sama memiliki rambut pirang dan mata hijau serta berkebangsaan Inggris. Terlebih hingga saat ini kita hanya mengenal marga Elena adalah Miyano yang merupakan marga dari suaminya, Atsushi. Sementara marga Elena ketika masih gadis masih belum terungkap. Apakah Elena Sera? Namun begitu, Elena tidak memiliki bentuk mata seperti Mary, mata khas keluarga Akai. Tapi kalau pun begitu, Shukichi Haneda juga tak memiliki mata khas tersebut. Pun suami Elena sempat berkata bahwa Elena memiliki saudari yang lebih tua pada kasus Black Bunny Chapter 1011.

Chapter 1011
So, bagaimana pendapat kalian? IMO pikir semua kebenaran dalam RUM Arc yang "menjelimet" ini akan segera menemui titik terang dalam beberapa chapter kedepan. Sungguh. Menurut IMO, Rum Arc memiliki alur yang paling kompleks di antara Arc terdahulunya. Dari kemunculan 3 terduga dan Asaka, lalu mengarah pada Scotch, berkembang ke keluarga Miyano, berpindah ke Karasuma Renya, dan sekarang keluarga Akai terutama Mary. Sungguh kompleks!

Source: Google
Gambar bersumber dari Google, Mangaku.in, dan Manga-here.club

Sudah cek part sebelumnya?
Part 1 : Apakah Asaca itu Rum? (Apa sebenarnya maksud pesan kematian Koji Haneda?)

Part 2 : Rum dan 3 Terduga Utama (Apakah benar Rum adalah salah satu dari tiga kandidat tersebut?)

Part 3 : Flashback yang Tak Pada Tempatnya (Tiba-Tiba ingatan Amuro muncul, ada apakah?)

Part 4 : Rum Reveal? (Sungguh mencurigakan! Apakah orang ini memang Rum?)

Part 5 : Membuka Tabir Scotch (Ternyata orang ini memiliki ikatan darah dengan Scotch!)

Part 6 : Teori Rum dan Kandidat Keempat (Orang ini disebut-sebut lebih mencurigakan dari 3 kandidat lainnya. Benarkah?)

Comments

  1. Lagi nyari info tentang karasuma jd mampir ke blog ini. Penyampaian, review dan imo nya bagus, aku sangat mengapresiasi
    Aku tunggu update terbarunya, tentang komik yg sudah mulai terlupakan ini

    ReplyDelete
  2. Akhirnya nemu jga blog yang bahas soal ini, suka banget sama ringkasan dan penyampaiannya, aku tunggu update terbaru soal teori-teorinya. Semangatt

    ReplyDelete
  3. Jadi? Apakah akai tau kalo dia selama ini macarin sepupunya?

    ReplyDelete
  4. Hai, ak penggemar conan, boleh kita kenalan? Ngbrol yuk d instagram haha @jjjewelry.id

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 6 (RUM Theory & Kandidat Keempat)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzles Part 1 (Apakah Asaca itu Rum?)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 4 (Rum Reveal?)