Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 3 (Flashback yang Tak Pada Tempatnya)

Source: Google
Tak terasa seri Detective Conan telah memasuki chapter 1010 dan akan memasuki chapter 1011 minggu depan. Sebelumnya, kita dibuat heboh akan kemunculan Rum yang terus berlanjut hingga mencapai puncaknya pada chapter 1006-1008 Hilangnya Maria Higashio dimana kemunculan Shinichi Kudo di chapter sebelumnya saat karyawisata akhirnya tercium media. Walau isu ini berhasil diredam, namun berita ini telah sampai di telinga Rum sehingga ia meminta Bourborn menyelidikinya. Kisah Rum pun menghilang usai di chapter 1008 Conan malah menemukan kenyataan bahwa Karasuma Renya terlibat dalam organisasi dan disinyalir sebagai bos organisasi tersebut. IMO, hal ini terkesan cukup aneh, dimana kita sedang berada di Rum Arc tapi tiba-tiba secara mengejutkan malah berbelok ke Big Boss (kalau memang benar Karasuma adalah big boss).

Setelah vakum beberapa bulan, chapter 1009 akhirnya rilis pada awal April lalu. Di sini Bourborn memulai penyelidikan. Bisa dikatakan topik tentang Rum sebagai objek langsung menghilang. Well walau penyelidikan Bourborn atas perintah Rum, tapi disini objeknya telah berubah. Chapter 1009 dimulai dari pertemuan Kogoro Mouri dengan kliennya di sebuah bar khusus orang dewasa bersama Ran, Conan, dan Amuro atas ajakan Conan. Seperti biasa, terjadi kasus disana dimana salah satu pegawai bar keracunan. Sembari menyelidiki kasus tersebut, Amuro juga menyempatkan diri menjalankan perintah Rum. Dia memulainya dengan menyelidiki isi dompet Ran. Namun hal ini belum diketahui oleh Conan. Ran sendiri mengira dompetnya terjatuh ketika ke kamar mandi dan ditemukan Amuro. 

Di chapter 1010, bahkan Amuro sempat-sempatnya mengingat masa lalunya. Nah, ini yang akan menjadi bahasan utama IMO kali ini, flashback yang bisa dikatakan salah tempat. Mungkin Aoyama Gosho telah menyiapkan skenario yang akan membongkar masa lalu Amuro, sebagai kelanjutan dari Movie 22 yang rilis beberapa hari lalu di Jepang. Namun IMO pikir hal ini sedikit terburu-buru. Sekali lagi, kita sedang berada di Rum Arc namun kisah masa lalu Amuro terasa ikut menyesakkan diri. Bila seperti ini, IMO rasa masa lalu Amuro akan menjadi salah satu kunci yang akan membuka identitas Rum. Sebagai pengingat, masa lalu Amuro sangat berhubungan erat dengan keluarga Ai terutama pada Elena, ibu Ai. Hingga ingatan kata-kata terakhir Elena pada Amuro sebelum dirinya tewas kecelakaan seperti rumor yang berkembang. Bisa jadi dalang di balik kematian Elena adalah Rum.
Chapter 1010 Source: Google

Ada hal menarik di chapter 1011 yang akan datang. Berdasarkan info yang IMO dapat dari salah satu facebook fanpage Detective Conan yaitu Detective Conan - The Red Thread bahwa di chapter 1011 akan ada lebih banyak flashback dari Amuro, bahkan wajah Elena dan Atsushi akan di-reveal.Kasus keracunan ini pun sepertinya belum akan selesai di chapter 1011, jadi akan lebih dari 3 chapters.

Dalam flashback ini, Akemi memaksa Amuro untuk menemui orangtuanya agar diobati karena terluka akibat di-bully. Terungkap pula bahwa saat Amuro kecil ia sering kena bully karena fisiknya berbeda, lebih mirip orang asing ketimbang orang jepang. Dan keluarga Miyano yang sering merawatnya. Kalau menurut IMO pribadi, wajah Elena dan Atsushi jauh dari misterius ataupun sifat jahat. Apalagi wajah innocent Atsushi, sangat bertolak belakang dengan anggapan dia sebagai ilmuwan gila Di sini juga terungkap bahwa ternyata Amuro dan Akemi adalah teman masa kecil (lagi). Selain itu, akan ada juga bagian yang membahas alasan hubungan buruk yang terjalin antara Amuro dan Akai. Kalau boleh jujur sih, IMO jadi berpikir bahwa bagian ini terbelah menjadi 2 Arc, yakni Rum Arc dan Amuro Arc.




5 gambar di atas bersumber dari sini

Untuk kasus keracunan itu sendiri, IMO pikir pelakunya adalah Fukamachi. Sepertinya Fukamachi dan Morooka melakukan pertukaran peran. Jadi, kemungkinan Fukamachi lah yang seorang konglomerat dan Morooka lah pelayannya. Namun demi keamanan Fukamachi, mereka bertukar posisi, sehingga bila ada yang hendak melukai si konglomerat, maka yang akan terluka adalah si pelayan yang menyamar. Selain itu, Yuri Asakura-sang korban-mungkin adalah anak dari Morooka. Hal ini terlihat dari kebiasaan Morooka dan Yuri yang sama-sama menggunakan saus saat memakan tamagoyaki. Bila benar mereka adalah ayah-anak, maka akan jadi aneh bila anak seorang konglomerat bekerja di sebuah bar khusus orang dewasa. Lalu alasan Fukamachi meracuni Yuri bisa jadi ada hubungannya dengan kematian istri si konglomerat aka Fukamachi. Mungkin Morooka sebagai penyebab kematian sang istri konglomerat dan Fukamachi ingin Morooka merasakan kehilangan orang yang paling disayanginya. Untuk triknya, IMO masih belum tahu. Trik-trik karya Gosho-san memang cukup susah untuk ditebak tapi sering masuk akal. :'v
Fukamachi (Pelayan)

Morooka (Konglomerat)

Sana (Pegawai)

Yuri (Pegawai-Korban)
Empat gambar wajah tersangka dan korban bersumber dari sini.

Jadi, sekian dulu untuk pembahasan kali ini. Kalian punya pendapat sendiri? Atau setuju dengan penalaran IMO? Silahkan ungkapkan di kolom komentar. :)
Chapter 1009 Sumber: Google

Update 26 April 2018

Akhirnya chapter 1011 telah rilis. Terdapat beberapa hal yang cukup mencengangkan. Selain kenyataan bahwa Morooka telah menikah dua kali, yang lebih mencengangkan adalah kenyataan di balik flashback Amuro.

Chapter 1011 yang me-reveal banyak fakta

Dari potongan chapter di atas telah terkuak banyak jawaban penting yang selama ini masih terselimut kabut misteri. Pertama, kenyataan bahwa awalnya Atsushi enggan bergabung dengan organisasi namun akhirnya bergabung atas permintaan Elena serta usai mengetahui bahwa Elena tengah hamil anak kedua, yaitu Ai. Kedua, Elena menyebut kata "Karasuma Grup" yang berarti kemungkinan besar nama resmi organisasi hitam adalah Karasuma Grup. Namun hal ini hanya kemungkinan. Bisa saja Karasuma Grup hanya memberikan bantuan dana terhadap organisasi hitam. Namun dengan ini secara tidak langsung telah terkonfirmasi bahwa Karasuma terlibat dalam organisasi. Ketiga, bahwa Elena memiliki saudara perempuan yang telah mengingatkan mereka akan bahaya dari organisasi tersebut. Saudaranya itu kemungkinan besar adalah Mary, ibu dari Akai dan Sera.

Namun hal yang paling menarik menurut IMO adalah potongan 2 bagian berikut.



Kata-kata Elena sangat menyentuh penulis. Seperti yang kita tahu bahwa belakangan ini di Indonesia telah terjadi krisis toleransi. Isu SARA mencuat dan berkembang sangat cepat hingga membuat IMO sangat prihatin akan kelangsungan NKRI tercinta ini. Jadi, ingatlah dan sebarkan kata-kata Elena ini!
"Meskipun manusia terlihat berbeda, semua orang adalah segumpal daging dan darah saat kau memotong mereka dan melepaskan kulitnya. Dan sebagai buktinya, orang hitam, orang putih, orang asia, semuanya seperti yang kau lihat, memiliki darah merah di dalam nadi mereka."
Walaupun kita berbeda-beda, namun kita tetaplah sama-sama seorang manusia yang tinggal di Indonesia. Yang berbeda hanyalah keyakinan, namun keyakinan yang berbeda tersebut pada dasarnya adalah sama, sama-sama percaya akan Tuhan.

So, bagaimana menurut kalian? Silahkan tulis pendapat kalian di kolom komentar di bawah ya. :)


Sumber gambar update: https://mangaindo.net/detective-conan-chapter-1011/

Sudah cek part sebelumnya?
Part 1 : Apakah Asaca itu Rum? (Apa sebenarnya maksud pesan kematian Koji Haneda?)

Part 2 : Rum dan 3 Terduga Utama (Apakah benar Rum adalah salah satu dari tiga kandidat tersebut?)

Penasaran dengan part selanjutnya? Ayo langsung cek! :D

Part 4 : Rum Reveal? (Sungguh mencurigakan! Apakah orang ini memang Rum?)

Part 5 : Membuka Tabir Scotch (Ternyata orang ini memiliki ikatan darah dengan Scotch!)

Part 6 : Teori Rum dan Kandidat Keempat (Orang ini disebut-sebut lebih mencurigakan dari 3 kandidat lainnya. Benarkah?)
Part 7 : Secretive Woman  (A secret makes a woman woman)

Comments

  1. Ah yaa.. mau ngajak diskusi nih. Di chapter flashback furuya rei ini umur rei seperti sepantaran akemi (7/8 tahun). Tapi akemi skrg umur 25 tahun (saat meninggal conan udah mengecil) sedangkan rei 29 tahun. Apa mungkin umur rei sebenarnya bukan 29 tahun tapi 25 tahun? Tapi mengingat teman2nya di police academy umur rei memang 29 tahun

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 6 (RUM Theory & Kandidat Keempat)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzles Part 1 (Apakah Asaca itu Rum?)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 4 (Rum Reveal?)