Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 4 (Rum Reveal?)

Hyoue Kuroda (Source: Google)
Usai mengambil break sekian lama, akhirnya seri Detective Conan kembali berlanjut. Setelah digantung dengan adegan "tercyduq"nya Amuro oleh orangtua Shinichi, akhirnya di awal bulan Juni 2018 chapter 1013 dirilis. Di luar perkiraan, ternyata chapter 1013 tidak melanjutkan adegan terakhir dari chapter 1012, melainkan memasuki babak baru mengenai pembunuhan berantai terhadap polwan bagian lalu lintas.

Awalnya IMO merasa chapter kali ini hanyalah selingan sebelum memasuki babak kelanjutan chapter 1012. Namun ternyata chapter ini melibatkan Amuro dan Hyoue Kuroda. Tiga terduga pelaku pembunuhan berantai ternyata sempat ditilang oleh para korban di hari dan jam yang sama. Ketiganya adalah Aono Kengo yang berkendara sambil menggunakan handphone, Akamine Manji mengendarai motor tanpa helm di jalur yang salah, dan Shiroyama Yuzou yang mengemudi tanpa mengenakan sabuk pengaman. Ketiganya terlihat terburu-buru serta tidak terima saat diberhentikan oleh para korban. Beberapa hari kemudian, korban pun ditemukan tewas terbunuh. Dimulai dari Touko Momosaki berpangkat sersan, tewas di pukul di taman bermain, kemudian diikuti oleh temannya bernama Yagi Shiori yang berpangkat inspektur di Departemen Lalu Lintas seperti dia dan tewas karena dilempar oleh pelaku dari apartemen lantai atas. Kedua korban memiliki kesamaan, yaitu sama-sama dilumpuhkan dengan stun-gun sebelum dibunuh dan korban menunjuk ke papan "Dilarang Parkir" yang mengandung 3 unsur warna. Secara kebetulan, 3 warna tersebut mengarah pada nama terduga pelaku, yaitu biru (AOno), merah (AKAmine), dan putih (SHIROyama). Conan pun sempat menemui Amuro karena Amuro sempat melihat percekcokan antara kedua korban dan ketiga terduga pelaku dikarenakan kejadiannya berada dekat dengan Kafe Poirot. Dan secara kebetulan juga, Hyoue Kuroda sedang berada di dekat kejadian saat tubuh Yagi Shiori ditemukan.
Chapter 1017-Conan Menjelaskan Arti Pesan Kematian Korban

Sampai chapter 1016, Amuro dan Kuroda masih belum bertemu secara langsung di scene manapun. Mengapa harus bertemu? Karena kita sebagai pembaca pasti ingin mengetahui reaksi ketika mereka berdua bertemu seperti saat Kuroda bertemu langsung dengan Rumi-sensei di chapter 987-989. Berhubung Rum melakukan komunikasi dengan Amuro untuk menyelidiki Shinichi Kudo, saat Rum bertemu Amuro seharusnya Rum menunjukkan suatu ekspresi, dan apabila ekspresi tersebut ada saat Kuroda bertemu Amuro, maka kemungkinan besar Kuroda adalah Rum.

Namun hal yang sedikit mengejutkan terjadi di chapter 1017. Di akhir kasus, Kuroda menelepon Amuro dan memanggilnya dengan nama Bourbon. Kenapa dia bisa tahu Amuro itu Bourbon? Baiklah, IMO akan mulai berspekulasi disini. Pertama, mengapa Aoyama Gosho terang-terangan mengungkapkan bilamana Kuroda adalah Rum secara tidak langsung? Walau Aoyama-sensei tidak secara langsung menyebut bahwa Kuroda adalah Rum, namun panggilannya terhadap Amuro secara tidak langsung memberi sinyal kepada mindset pembaca bahwa Kurodalah identitas Rum sebenarnya. Apalagi Kuroda merupakan karakter yang tindak-tanduknya paling mencurigakan dari 2 lainnya. Sadar atau tidak, hal ini juga terjadi ketika Conan menyadari pesan Put on Mascara yang merujuk pada Karasuma. Tidak ada bukti otentik bahwa Karasuma merupakan Big Boss namun mindset pembaca langsung mengarah ke Big Boss. Jadi, IMO berspekulasi adegan ini dibuat Aoyama-sensei agar menuntun pembaca ke arah yang salah. Menurut IMO, Kuroda merupakan atasan langsung dari Amuro sebagai pegawai PSB. Bila Kuroda adalah atasan Amuro, berarti dialah yang mengirim atau menyetujui penyusupan Amuro ke organisasi. Bila itu benar, maka wajar bila Kuroda tahu code name Bourbon karena Amuro terus memberikan informasi terhadap Kuroda selaku atasannya.

Secara kebetulan, Amuro juga mendapatkan misi dari Rum sehingga momen "penggiringan spekulasi" menjadi semakin sempurna. Pembaca akan mengira laporan yang Amuro lakukan terhadap Kuroda merupakan bentuk laporan dari misi yang Rum berikan. Namun sesungguhnya keduanya adalah berbeda. Rum memberi Amuro misi untuk menyelidiki Shinichi Kudo, sedangkan Kuroda meminta Amuro membantu Conan. Selain itu, sepertinya Amuro juga telah membocorkan misi dari Rum untuknya kepada Kuroda. Jadi intinya, menurut IMO Kuroda bukanlah Rum melainkan seorang atasan di PSB.
Chapter 1017-Kuroda terlihat semakin mencurigakan, benarkah begitu?

Ada 2 hal menarik yang IMO temukan dari Kuroda. Pertama, hubungannya dengan Rumi-kandidat Rum yang lain. Kuroda dan Rumi terlihat sudah saling kenal dan memiliki masa lalu yang membuat mereka saling membenci. Sedangkan, Kuroda belum pernah sama sekali bertemu dengan kandidat Rum yang satu lagi, yaitu Wakita. Kuroda memiliki insting yang begitu baik dalam menilai seseorang. Andai saja Kuroda dan Wakita bertemu, maka akan sedikit lebih mudah bagi kita untuk menebak siapakah Rum di antara Rumi dan Wakita. Namun IMO sendiri masih bersikeras bahwa Wakita lah orang di balik sosok Rum yang sebenarnya. IMO sudah pernah membahasnya disini. Kalian memiliki spekulasi sendiri?























Semua gambar komik bersumber dari komikindo.tv

Sudah cek part sebelumnya?
Part 1 : Apakah Asaca itu Rum? (Apa sebenarnya maksud pesan kematian Koji Haneda?)

Part 2 : Rum dan 3 Terduga Utama (Apakah benar Rum adalah salah satu dari tiga kandidat tersebut?)

Part 3 : Flashback yang Tak Pada Tempatnya (Tiba-Tiba ingatan Amuro muncul, ada apakah?)

Penasaran dengan part selanjutnya? Ayo langsung cek! :D

Part 5 : Membuka Tabir Scotch (Ternyata orang ini memiliki ikatan darah dengan Scotch!)

Part 6 : Teori Rum dan Kandidat Keempat (Orang ini disebut-sebut lebih mencurigakan dari 3 kandidat lainnya. Benarkah?)

Part 7 : Secretive Woman  (A secret makes a woman woman)

Comments

  1. Rum menurut gw ada sonoko wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngakak kalau sonoko yg jadi rum😂😂

      Delete
  2. Pernah ada berita, goso aoyama bilang "rum akan muncul di akhir dc movie 22"

    ReplyDelete
  3. sialan saya pas nonton anime episode 975 langsung menganggap Kuroda itu RUM

    ReplyDelete
  4. Emang Kuroda paling mencurigakan jadi RUM

    ReplyDelete
  5. Rum itu adalah wakita dari pesan rum waktu adalah uang jika ditranslate akan ada huruf tokihaKanenari huruf itu simetris jika dibalik kanenori, dan wakasa rumi adalah asaca pengawal amanda Hughes dia memiliki data aptx 4849 karena dia tahu bahwa kir menyusup keorganisasi dan kir mengambil data data korban aptx dan boss organisasi menurut saya adalah karasuma renya karena dari pengingatan gurunya rei dan ada kata carasuma grup dan carasuma lah yg membunuh ayah kaito kid

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 6 (RUM Theory & Kandidat Keempat)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzles Part 1 (Apakah Asaca itu Rum?)