Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 2 (RUM dan 3 Terduga Utama)

RUM, tangan kanan big boss ini hingga kini masih diselimuti misteri dan hangat diperbincangkan. IMO sendiri sudah pernah membahasnya di postingan perdana IMO. Jika kalian belum sempat membacanya, kalian bisa cek di sini. Awalnya, terduga yang muncul sangatlah banyak, sampai menyeret karakter-karakter lama seperti Kiyonaga Matsumoto yang memang memiliki bekas luka di salah satu matanya. Namun di chapter 1005 yang rilis Oktober lalu terlihat 3 orang cukup tertarik dengan kemunculan Shinichi yang telah memecahkan kasus di Kyoto. Hal ini seolah mengisyaratkan bahwa tiga orang itulah yang merupakan kandidat utama terduga Rum. Ketiga orang tersebut diantaranya Hyoue Kuroda, Wakasa Rumi, dan Kanenori Wakita.
Chapter 1005

Kuroda dan Rumi kelihatannya sudah mengenal satu sama lain, inilah yang menjadi titik menariknya. Ada apa di antara mereka berdua? Sementara itu di chapter 1005, terlihat bahwa Rumi memiliki salinan hasil penggunaan racun APTX 4869 dimana tertera nama Shinichi Kudo yang sudah ditulis "tewas" oleh Ai. Dari sini kebanyakan pasti akan langsung menvonis Rumi sebagai Rum. Selain itu banyak hal-hal mencurigakan ada padanya seperti nama, perilaku, dan lain sebagainya. Namun, benarkah Rumi adalah Rum?

Menurut penulis, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memvonis Rumi sebagai Rum. Dengan menggunakan asas praduga tak bersalah, penulis asumsikan Rumi mempunyai alasan tersendiri dalam melakukan segala tindakannya. Misalkan kemampuan bela dirinya, penulis asumsikan bahwa dia kurang lebih seperti Ran yang menyukai olah raga bela diri namun menyembunyikannya karena tidak ingin anak didiknya melihat kekerasan. Bila diasumsikan bahwa dia adalah Rum, maka akan disimpulkan bahwa dia adalah Asaka yang menghilang 17 tahun lalu. Kemudian penggunaan nama Wakasa Rumi yang terkesan mencolok, kebanyakan akan langsung mengira itu adalah petunjuk mencolok bahwa dia adalah Rum. Namun menurut penulis, penggunaan nama itu sengaja dipakainya untuk memancing Organisasi Hitam muncul di hadapannya. Buktinya, ketika organisasi mendengar kabar bahwa akan ada lagu yang dirilis berjudul Asaca, organisasi langsung mengirim Vermouth dan Bourborn untuk menyelidikinya. Bahkan Gin berkali-kali menyebut bahwa Rum telah membuat kesalahan besar dalam kasus pembunuhan 17 tahun lalu yang melibatkan Asaca. Sedangkan sikap ceroboh yang ia miliki sudah terjawab di chapter saat Conan dkk camping bersama Rumi dan bertemu Kuroda. Kenyataan ini diketahui oleh Ai dimana ternyata mata kanan Rumi tidak berfungsi. Namun anehnya, walau Ai mengetahui itu, di akhir chapter tersebut Ai malah berkata pada Conan bahwa Rumi adalah guru favoritnya. Untuk yang satu ini, penulis belum berhasil menemukan alasan Ai mengatakan hal demikian. Lalu mengenai salinan penggunaan racun APTX 4869, kemungkinan ia mendapatkannya dari hasil hacking sistem organisasi seperti yang sempat Ai lakukan saat diculik oleh Pisco. Terakhir, di chapter 1006 saat Conan dan Profesor Agasa terjebak oleh serbuan wartawan, di sekolah Rumi menyadari bahwa Ai sedang menelpon Conan. Sepertinya di chapter ini, Rumi akan mendapat lebih banyak peran.
Ai menyadari rahasia Wakasa Rumi


Menurut penulis, sepertinya akan terdengar terlalu memaksa bila menganggap Hyoue Kuroda sebagai Rum. Mungkin akan terdengar begitu keren bila ternyata Rum menyelinap ke tubuh kepolisian Jepang, namun sayangnya beberapa hal sepertinya telah menyangkal pernyataan bahwa Kuroda adalah Rum. Pertama, Ai sendiri mengatakan bahwa Kuroda bukanlah Rum. Kedua, Kuroda dan Rumi terlihat sudah saling kenal. Bila Kuroda adalah Rum, semestinya Rumi terus mengejar Kuroda dan menyelidikinya, bukannya malah berbalik menyelidiki Shinichi Kudo. Ketiga, bila Kuroda adalah Rum semestinya ia mengenal wajah kecil Ai dan terus memperhatikan Ai. Namun nyatanya Kuroda malah lebih tertarik terhadap Conan. Malah di chapter 987 saat Kuroda melihat berita tentang Rumi dan mengetahui rencana kemping Rumi, malahan dia sendiri yang memutuskan untuk kemping juga. Bukankah aneh bila orang yang dikejar malah mendekati pengejarnya? Tapi bila benar Kuroda adalah Rum, penulis yakin jalan cerita akan semakin seru. Mengapa? Karena Rum telah berhasil masuk ke tubuh kepolisian bahkan menggantikan posisi Kiyonaga Matsumoto. Jadi dia akan sangat leluasa mengendalikan kepolisian Tokyo.

Hubungan Kuroda-Rumi yang tidak begitu baik
Kandidat terakhir adalah seorang chef sushi yang untuk sementara diposisikan sebagai waiter, Kanenori Wakita. Sedari awal kemunculannya, dia terlihat memiliki deduksi yang hebat, bahkan sampai menantang Kogoro Mouri walau pada akhirnya dia malah menjadikan Kogoro sebagai gurunya. Memiliki luka di mata kiri, Conan langsung curiga bahwasanya dia adalah Rum. Ketika Conan menanyakannya, Wakita hanya berkata bahwa sesuatu yang buruk telah terjadi pada matanya. Dia bahkan menawarkan untuk membuka penutup matanya. Namun Ran dan Kogoro menolak, tentu karena mereka tidak ingin kehilangan selera makan. Yang menarik dari Wakita ini adalah pengakuannya dimana ia sering bekerja berpindah-pindah dan tidak menetap dalam satu perusahaan dengan kurun waktu yang lama. Hal ini malah membuat penulis mengindikasikan perkataannya sebagai sebuah tameng sehingga latar belakangnya sulit diidentifikasi. Bisa saja dia berpindah-pindah karena sedang mencari seseorang atau bisa juga hanya sekadar alasan belaka. Namun dia sempat berkata bahwa luka di mata kirinya itu tidak bersifat permanen, melainkan hanya sementara. Itu berarti lukanya bisa sembuh dalam kurun waktu tertentu. Selain luka di mata, ciri-ciri Rum yang ada pada fisiknya yang besar, tegap, dan berumur 56 tahun yang masuk kategori cukup tua. Namun tidak ada karakter feminin dari Wakita. Namun menurut penulis yang memang sudah menaruh curiga mendalam terhadap Wakita, dia bukanlah seorang manusia sejati. :'v Manusia sejati....wkwkwk... Ya, karena menurut penulis, Wakita adalah sebuah penyamaran sama seperti Subaru. Bila Rum dikatakan feminin, karena dia memanglah seorang wanita. Wanita itu menyamar menjadi pria tua yang memiliki badan besar bernama Kanenori Wakita. Itulah mengapa orang-orang di dalam organisasi mengenal Rum dengan berbagai bentuk fisik. Selain itu juga pernah dikatakan pula bahwa Rum juga sangat ahli dalam menyamar seperti Vermouth, jadi sangat besar kemungkinan saat ini Rum sedang menyamar di antara ketiga kandidat tersebut. Yah, kurang lebih seperti itulah dugaan penulis. Oh ya, ending dari chapter 1000-1005 ini sangat mirip dengan ending di episode 671-674 yang berjudul Detective's Nocturne dimana tiga kandidat utama Bourborn waktu itu menerima telepon secara berbarengan, dimana salah satu adalah Bourborn yang menerima telepon dari Vermouth. Satu lagi, menurut penulis alasan Wakita menjadi murid Kogoro adalah sebenarnya untuk memata-matai Kogoro yang memang namanya sedang berhembus di dalam organisasi yang dikatakan sedang menyelidiki kematian Amanda Hughes dan Kohji Haneda 17 tahun lalu. Kemungkinan kedua adalah, Wakita hendak menyelidiki Bourborn yang juga merupakan murid Kogoro. Bila ini benar, kemungkinan akibat laporan Curacao di Movie 20. Namun jarang Aoyama-sensei mencampuradukkan cerita movie dengan series. Jadi, tujuan penyelidikan terhadap Kogoro memiliki kemungkinan lebih besar.
Tantangan Wakita untuk Kogoro

Murid Kogoro bertambah satu :'v

Begitulah, semakin kesini cerita Detective Conan semakin rumit dan memiliki banyak puzzle, namun semuanya itu akan bertemu pada satu akhir, yakni tumbangnya Organisasi Hitam. Kita nantikan saja perkembangan identitas Rum. Penulis sangat yakin, kelanjutan dari chapter 1006 akan memberikan cukup banyak petunjuk mengenai identitas Rum yang sebenarnya.
Chapter 1006




Semua gambar komik bersumber dari mangaindo.web.id
Gambar selain komik bersumber dari Google

Sudah cek part sebelumnya?
Part 1 : Apakah Asaca itu Rum? (Apa sebenarnya maksud pesan kematian Koji Haneda?)

Penasaran dengan part selanjutnya? Ayo langsung cek! :D

Part 3 : Flashback yang Tak Pada Tempatnya (Tiba-Tiba ingatan Amuro muncul, ada apakah?)

Part 4 : Rum Reveal? (Sungguh mencurigakan! Apakah orang ini memang Rum?)

Part 5 : Membuka Tabir Scotch (Ternyata orang ini memiliki ikatan darah dengan Scotch!)

Part 6 : Teori Rum dan Kandidat Keempat (Orang ini disebut-sebut lebih mencurigakan dari 3 kandidat lainnya. Benarkah?)

Part 7 : Secretive Woman  (A secret makes a woman woman)

Comments

  1. Wahhh keren banget kak(≡^∇^≡)
    Ditunggu part part berikutnyaaa hehe.. Saran juga kak, selain cantumin chapter manganya, tambahin nomor episodenya, jadi yang ngikutin conan dari anime nya bisa tahu hehe
    Semangat (≧∇≦)/(≧∇≦)/(≧∇≦)/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 6 (RUM Theory & Kandidat Keempat)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzles Part 1 (Apakah Asaca itu Rum?)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 4 (Rum Reveal?)