Anime: Detective Conan-The Messed Puzzles Part 1 (Apakah Asaca itu Rum?)


Semenjak cerita scarlet kembalinya Shuichi Akai dan hampir terbongkarnya identitas Okiya Subaru oleh Bourbon alias Furuya Rei, alur cerita Detective Conan memasuki babak baru. Berawal dari pesan yang dikirimkan Kir kepada Subaru, satu lagi tokoh anggota organisasi hitam muncul. Bahkan tak tanggung-tanggung, member yang mendapat code name Rum ini isunya berkedudukan sebagai tangan kanan Big Boss sekaligus orang nomor dua di organisasi. Di sini penulis mengindikasikan kemunculan Rum akan menjadi pangkal berakhirnya anime karya Aoyama Gosho ini setelah menemani fans selama lebih dari 20 tahun.

Seperti biasa, Aoyama Gosho tidak dengan gamblangnya menunjukkan tokoh Rum ini. Sama seperti kemunculan Bourbon, Aoyama-sensei memberikan beberapa clue dan tokoh-tokoh mencurigakan untuk nantinya ditebak-tebak oleh para fans. Ai Haibara sendiri dalam episode 792-793 berjudul "Tiga Penemu Pertama (Three First Discoverers)" menginformasikan kepada Conan bahwa tak seorang pun di dalam organisasi yang tahu persis ciri-ciri fisiknya. Ada yang mengatakan bahwa Rum adalah pria berbadan tegap dan besar, namun ada pula yang mengatakan bahwa dia berperawakan feminin bahkan ada juga yang berkata bahwasanya Rum adalah seorang pria tua. Namun satu hal yang pasti, Rum memiliki luka di salah satu matanya. Ya, hanya luka ini satu-satunya petunjuk yang ada mengenai sosok Rum.
3 Sosok Rum yang dijelaskan Ai

Hyoue Kuroda

Beberapa episode setelah Ai memberikan informasi mengenai luka di mata itu, tepatnya di episode 810-812 berjudul "Kegelapan Kepolisian Prefektur (The Darkness of The Prefectural Police)" muncullah satu karakter dengan luka di mata sebelah kanan bernama Hyoue Kuroda. Kuroda adalah seorang kepala divisi satu kepolisian Nagano. Sekilas nama Kuroda mengingatkan penulis pada keluarga dari mantan suami Yui Uehara saat kasus Furinkazan episode 516-517. Mungkin dia ada hubungan darah dengan keluarga Kuroda? Di episode tersebut, Conan langsung menaruh curiga kalau-kalau Kuroda adalah Rum karena luka di matanya itu. Selain itu, Kuroda yang berumur 50 tahun dan berbadan tegap juga cocok dengan ciri-ciri yang Ai katakan sebelumnya. Namun di episode itu juga diketahui bahwa luka di mata kanan Kuroda disebabkan oleh suatu kecelakaan di masa lalu hingga dia mengalami koma selama 10 tahun dan melupakan beberapa ingatannya. Dan setelah kasus di Kawanakajima tersebut, dia dipindahkan ke Kepolisian Pusat di Tokyo menggantikan Kiyonaga Matsumoto yang sudah naik jabatan. Walau awalnya Conan curiga, namun Ai menegaskan bahwa Kuroda kemungkinan besar bukanlah Rum karena sampai saat ini tak seorangpun yang menyerang kediaman Profesor Agasa.

Apabila kita mundur beberapa episode ke episode 754-756 yang berjudul "Tragedi Si Wanita Merah (The Tragedy of the Red Woman)", di akhir episode Conan menemukan hp milik Sera Masumi dengan wallpaper foto dirinya bersama seorang anak perempuan berambut kuning pucat dengan mata seperti mata Shuichi Akai. Conan pun penasaran, namun keberadaan gadis itu ditutup-tutupi oleh Sera. Di episode 785-786 dengan judul "Pertandingan Cinta Taiko Meijin (Taiko Meijin's Match of Love)", anehnya gadis ini terlihat tertarik dengan hasil pertandingan Haneda Shukichi. Sedangkan di episode 787-788 berjudul "Misteri yang Tenggelam di Kolam Renang Musim Panas (The Mystery Sinking in the Midsummer Pool)", Ran melihat Sera berbicara dengan gadis misterius ini. Ran samar-samar ingat pernah bertemu dengan keduanya dulu. Bahkan di episode 827-828 berjudul "Ramen Lezat yang Mematikan 2 (Ramen So Good, It's to Die For 2)" Conan menyangka gadis misterius itu bernama Mary. Kesimpulan ini ia dapat setelah pemilik kedai ramen menitipkan sebuah sapu tangan milik Sera yang dulu tertinggal di kedai itu kepada Conan. Di sapu tangan itu didapati sebuah tulisan "Mary" yang membuat pemilik kedai salah menyangka nama Sera sebagai Mari. Di episode 843-844 yang berjudul "Detektif Cilik Dalam Masalah (The Detective Boys in a Grove)" saat Ai menggosok maskara yang ada di matanya, secara tidak langsung bekas maskara itu mengingatkan Conan akan Mary. Dan identitas Mary semakin terkuak di episode 863-864 berjudul "Kasus Pembunuhan Detektif Roh (Soul Detective Murder Case)". Disini tokoh Mary seperti benar-benar "ditelanjangi" oleh Aoyama Gosho. Mulai dari kemampuan Mary yang bak ninja, terjepretnya dia di handphone Conan, bahkan hingga membantu memecahkan kasus menggunakan dasi kupu-kupu milik Conan. Dan hal yang paling membuat penulis tertawa adalah ketika si pelaku mencoba kabur lewat kamar hotel Sera dan dihadang Mary. Tentu Sera sangat khawatir dan langsung melompat ke beranda kamarnya sambil keceplosan meneriakkan kata mama. Dua hal yang mengejutkan Conan saat itu adalah kata mama yang Sera ucapkan dan keadaan si pelaku yang sudah pingsan tak bergerak. Kenapa tertawa? Tentu saja, secara tidak langsung kita mengetahui bahwa Mary adalah ibu Sera. Lantas mengapa dia mengecil? Dan apa hubungannya dengan Rum?
Aksi nekat Mary :'v

Diawali dari episode 861-862 berjudul "Seperti Kasus 17 Tahun yang Lalu (Just Like a 17 Years Old Crime)" diketahui bahwa seorang pemain shogi terkenal bernama Kohji Haneda ditemukan terbunuh di kamar hotelnya 17 tahun yang lalu di Amerika. Di kamar lain di hotel yang sama, seorang fans Kohji bernama Amanda Hughes juga ditemukan meninggal. Keduanya meninggal secara misterius. Satu fakta yang terungkap bahwa Amanda memiliki relasi di dalam organisasi FBI. Dari foto di TKP, perhatian Conan tertuju pada sebuah cermin yang pecah dengan tulisan P-T-O-N yang diasumsikan sebagai bagian huruf dari PUT ON MASCARA oleh Ai. Di akhir episode, Conan dan Subaru menyadari bahwa potongan huruf itu adalah sebuah pesan kematian yang berbunyi ASACA RUM. Asaca sendiri adalah wanita bodyguard Amanda yang menghilang usai dua insiden di hotel tersebut. Conan dan Subaru pun langsung menyimpulkan bahwa kematian Kohji dan Amanda 17 tahun yang lalu berkaitan dengan Rum dan kemungkinan Asacalah Rum itu. Keyakinan Conan mengenai keterlibatan Rum saat itu makin diperkuat ketika Bourbon dan Vermouth yang menyamar menjadi Azusa mendatangi tempat latihan seorang penyanyi bernama Rokumichi Hado. Mereka hendak menyelidiki lagu yang akan Rokumichi rilis yang berjudul "Asaca" di episode 866-867 berjudul "Panggung Pengkhianat (The Traitor's Stage)". Namun bukannya mendapat apa yang mereka cari, penyamaran Vermouth malah ketahuan oleh Conan dan Ran. Vermouth pun memperingatkan Ran agar tidak ikut campur ke dalam organisasi dikarenakan Ran adalah salah satu dari dua harta yang dimiliki Vermouth dan Ran semakin terlihat kebingungan. Sedangkan identitas Subaru malah ketahuan oleh Bourbon. Bisa dibilang episode ini adalah sebuah Failed Disguise. Selain Bourbon dan Vermouth, nyatanya Gin dan Vodka pun sampai ketar-ketir akibat Kogoro aka Conan menyelidiki kasus kematian Kohji dan Amanda. Gin menyatakan bahwa Rum telah melakukan kesalahan di kasus 17 tahun yang lalu itu.
Ketika Sera keceplosan :v

Menurut Conan, Mary berpeluang besar sebagai Asaca (read: Rum) karena memiliki ketiga ciri yang pernah Ai sebutkan. Seorang bodyguard pastilah memiliki tubuh yang tegap dan karena seorang wanita maka dari itu ia terlihat feminin. Dan karena dia terlibat dalam kasus 17 tahun lalu, pastilah umurnya cukup tua. Tapi Mary meminum APTX 4869 sehingga tubuhnya mengecil. Itulah spekulasi Conan. IMO, penulis setuju dengan spekulasi Conan bahwa Mary adalah Asaca yang mengecil. Namun untuk spekulasi bahwa Mary adalah Rum, penulis masih ragu. Menurut penulis, Mary adalah korban racun APTX 4869 yang waktu itu masih dikembangkan oleh orang tua Ai dan pelakunya tiada lain adalah Rum. Spekulasi saya saat itu Mary sebagai seorang bodyguard berusaha melindungi Amanda Hughes namun akhirnya dicekoki APTX. Rum pun mengira Mary sudah tewas, namun diluar perkiraan Mary malah menyusut dan melarikan diri. Namun pertanyaannya, mengapa ukuran tubuh Mary masih dalam bentuk anak kecil padahal sudah 17 tahun berlalu? Kemungkinan besar APTX yang orang tua Ai kembangkan tidak hanya menyusutkan tubuh korbannya namun juga memperlambat bahkan mungkin menghentikan regenerasi sel yang menyebabkan pertumbuhan seseorang berhenti. Mungkin hal itu juga yang terjadi pada Vermouth sehingga ia tetap nampak muda seperti 20 tahun yang lalu saat membunuh ayah Jodie Starling. Dalam satu episode Ai pernah menyatakan bahwa ia hanya mengembangkan obat yang dulu dibuat oleh orang tuanya. Jadi bisa dikatakan bahwa APTX yang Ai buat sedikit berbeda dengan yang orang tuanya buat. Perbedaannya mungkin terdapat pada kecepatan pertumbuhan yang mana APTX buatan orang tua Ai membuat pertumbuhan lebih lambat dari apoptoksin buatan Ai.

Lalu kalau bukan Mary atau Asaca, siapakah Rum yang sebenarnya? Menurut penulis pribadi, terlalu dini untuk menyimpulkan dan menuduh suatu karakter sebagai Rum karena belum ada spesifik karakter yang berpotensi menjadi Rum. Misal saat kemunculan Bourbon, Aoyama-sensei dengan gamblang memberi 3 tersangka yang kemungkinan besar adalah Bourbon, antara lain Subaru, Sera, dan Rei. Waktu itu banyak yang mengira bahwa Subaru adalah Bourbon, tapi ternyata adalah Rei. Sama juga halnya saat scarlet Vermouth dimana banyak yang mengira kalau Jodie Starling adalah penyamaran Vermouth, namun ternyata Vermouth menyamar sebagai Dokter Araide. Nah, saya pikir di scarlet Rum ini kondisinya juga mirip. Jika kalian mengikuti manganya, akan muncul beberapa karakter baru yang berpotensi terhitung ke dalam kategori tersangka antara lain Wakasa Rumi, Kanenori Wakita, dan Muga Iori. Selain itu juga ada beberapa karakter lama yang mencurigakan imo seperti Kiyonaga Matsumoto, Chikara Katsumata, Okino Yoko, dan Yonehara Sakurako. Kita perlu melihat lebih jauh karakter-karakter di atas terlebih dahulu lalu mengkajinya. Namun penulis sendiri masih menaruh curiga pada Yoko, Sakurako, dan Matsumoto.
Pesan singkat Kir untuk Subaru

Wakasa Rumi (Nama yang terlalu mencolok)
Menurut kalian bagaimana? Silahkan tulis pendapat kalian di kolom komentar di bawah ya. :)

Salam
Penulis


Sumber gambar: Google Picture

Ayo lanjutkan ke part berikutnya! :)
Part 2 : Rum dan 3 Terduga Utama (Apakah benar Rum adalah salah satu dari tiga kandidat tersebut?)

Part 3 : Flashback yang Tak Pada Tempatnya (Tiba-Tiba ingatan Amuro muncul, ada apakah?)

Part 4 : Rum Reveal? (Sungguh mencurigakan! Apakah orang ini memang Rum?)

Part 5 : Membuka Tabir Scotch (Ternyata orang ini memiliki ikatan darah dengan Scotch!)

Part 6 : Teori Rum dan Kandidat Keempat (Orang ini disebut-sebut lebih mencurigakan dari 3 kandidat lainnya. Benarkah?)

Part 7 : Secretive Woman  (A secret makes a woman woman)

Comments

  1. Kalau menurut saya Rum itu orang Yang pernah menyelesaikan kasus dengan Conan bourbon dan kogoro mouri saya lupa judul kasusnya tapi kasus itu terjadi di tempat seperti gereja tua pada saat itu terjadi kasus pembunuhan berantai dari sebuah team olahraga cuaca saat itu bersalju dan jalan untuk pergi dari tempat itu tdk bisa dilewati karena longsor salju saya lupa nama karakter tsbt tapi yg jelasna karakter tsbt sudah tua dan mata kiri/kanan seperti sakit &ditutupi perban

    ReplyDelete
    Replies
    1. Namanya wakita kanenouri dia itu Rum sebenarnya, makanya dia slalu meninggalkan pesan kpd anak buahnya yg berbunyi "Time is money" (wkt adlh uang)

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 6 (RUM Theory & Kandidat Keempat)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 4 (Rum Reveal?)