Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 6 (RUM Theory & Kandidat Keempat)

Hi guys! Kali ini IMO kembali akan membahas RUM yang hingga kini masih belum menemukan titik terang mengenai identitas sebenarnya. Walau telah muncul tiga kandidat utama yaitu Kuroda, Wakasa, dan Wakita, namun masih banyak puzzle yang berantakan bahkan hilang. Banyak teori pun bermunculan yang terlihat sama-sama memiliki peluang bagi tiap kandidat menjadi seorang RUM yang tengah menyamar. Bahkan kabarnya ada pula kandidat keempat yang berpotensi menjadi RUM. Jadi, tanpa basa-basi lagi, inilah 5 teori mengenai identitas RUM.

Teori 1: Wakasa Rumi adalah RUM
Fan Art Wakasa Rumi sebagai Anggota Organisasi
Merupakan teori terpopuler dari sekian banyak teori mengenai identitas RUM. Pasalnya dari semenjak muncul, Wakasa-sensei telah banyak melakukan hal-hal yang cukup mencurigakan. Bahkan dari daftar yang dimuat di sini, Wakasa Rumi memiliki list terbanyak mengenai alasan mengapa dia sangat mungkin menjadi RUM. Diantaranya seperti ketertarikannya terhadap kematian Shinichi Kudo yang ia lihat di daftar korban APTX 4869, kebiasaannya membiarkan sebuah kasus terjadi walau dia telah mengetahuinya dari awal, kemampuan bertarung yang ia miliki, dan lain sebagainya. Namun penggunaan nama Wakasa Rumi sebagai nama samarannya merupakan hal yang agak konyol karena terlalu mencolok sehingga salah-salah akan banyak kecurigaan jatuh kepadanya. Namun berbeda halnya bila yang menggunakan nama tersebut adalah orang yang mengetahui insiden 17 tahun yang lalu dan bermaksud memancing RUM keluar. Selain itu pula, bila Wakasa-sensei adalah RUM, seharusnya ia langsung menyadari kemiripan Ai dengan Sherry. Namun Wakasa-sensei malah terlihat lebih tertarik kepada Conan. Malahan Ai sendiri mengaku kepada Conan bahwa ia menyukai Wakasa-sensei.

Wakasa dengan bekas luka aneh di lengannya
Menurut IMO pribadi, IMO masih berpegang teguh terhadap teori bahwa Wakasa adalah bodyguard Amanda yang menghilang ketika kasus kematian Haneda Koji dan Amanda Hughes terjadi. Penggunaan nama Wakasa Rumi sendiri memang ia gunakan untuk memancing RUM, entah dengan tujuan balas dendam atau apa. Hubungan bodyguard tersebut dengan RUM hingga sekarang masih diselimuti kabut. Belum ada chapter khusus yang membahas hubungan mereka. Mungkin akan muncul di chapter-chapter selanjutnya. Kita tunggu saja.

Teori 2: Hyoue Kuroda adalah RUM
Ketertarikan Inspektur Kuroda terhadap Conan
Berbeda dengan teori pertama, teori ini sedikit kurang populer, atau bahkan mungkin teori ini telah hancur oleh beberapa chapter terbaru serta Movie 22 yang rilis April 2018 lalu. Namun IMO akan tetap membahasnya sedikit. Jadi sebab Kuroda masuk kandidat sebagai RUM adalah dikarenakan satu matanya yang rusak serta postur tubuhnya yang tegap dan tua. Dia juga terlihat memiliki ketertarikan atau lebih tepatnya dia terlihat memiliki ikatan dengan Wakasa Rumi. Namun seperti yang IMO katakan sebelumnya, beberapa chapter terbaru serta movie 22 telah mematahkan teori ini. Dari situ kita mengetahui bahwa Kuroda adalah atasan Amuro di PSB. Bila Kuroda adalah RUM, saat ini Amuro harusnya sudah tinggal nama. Terlebih Kuroda mengetahui misi penyusupan Amuro ke Organisasi Hitam. Selain itu, Kuroda juga telah bertemu dengan Ai. Walau awalnya Ai merasakan sesuatu yang aneh, dia telah mengkonfirmasi kepada Conan bahwa Kuroda bukanlah RUM. Sama halnya dengan Wakasa-sensei, Kuroda lebih terlihat tertarik kepada Conan. Dan bila Kuroda adalah RUM, Ai seharusnya sudah diburu sekarang.

Teori 3: Kanenori Wakita adalah RUM
Kanenori Wakita
Teori ini tidak kalah populer dengan teori pertama. Uniknya, ketiga ciri RUM yang Ai utarakan terdapat pada Wakita. Mata yang rusak sebelah (walau Wakita bilang luka itu tidak permanen), berbadan tegap dan tua, serta kepandaiannya dalam memasak. Fyi, memasak telah dianggap sebagai suatu hal yang feminin oleh masyarakat luas. Selain itu pula Wakita sangat tertarik dengan berita kembalinya Shinichi Kudo hingga mendatangi sendiri rumah Shinichi. RUM sendiri pernah mengirim pesan kepada Amuro yang isinya "toki wa kakenari" yang berarti "waktu adalah uang" dan bila dianagramkan dapat membentuk nama Kanenori Wakita. Fakta bahwa ia belum pernah bertemu Ai dan dua kandidat lainnya sama sekali seperti mendukung teori ini. Pun ia pernah melihat Wakasa Rumi di media saat Wakasa berhasil menumbangkan pemain golf profesional, mereka berdua belum pernah bertemu secara langsung. Wakita juga terlihat tertarik kepada Wakasa ketika membaca berita tersebut. Apakah ini merupakan sinyal bahwa Wakita adalah RUM?


Teori 4: Code Name Whiskey

Teori ini cukup baru bagi IMO dan bahkan mungkin bagi kalian juga karena memang teori ini "terlahir" jauh setelah 4 teori lainnya. Dalam teori ini menyebut bahwa di antara ketiga kandidat di atas, Wakita lah yang merupakan anggota dari Organisasi Hitam, sama seperti teori ketiga. Bedanya, Wakita bukanlah RUM, melainkan bawahan RUM dengan code name Whiskey, sama seperti Curacao. Mengapa Whiskey? Ada beberapa alasan yang secara tidak langsung mengindikasikan bahwa ada anggota organisasi dengan nama Whiskey yang terlibat dalam arc ini, salah satunya adalah pernyataan dari Wakasa Rumi yang mengatakan bahwa minuman beralkohol favoritnya adalah Whiskey. Hal ini seolah menyatakan bahwa ia memiliki suatu ketertarikan dengan salah satu anggota organisasi dengan kode Whiskey.

Kenapa bisa ditarik kesimpulan seperti itu? Mari kita kembali ke bagian Vermouth Arc. Saat itu Jodie Starling yang memiliki hubungan buruk dengan Vermouth malah memilih minuman Vermouth ketika sedang memperagakan suatu kasus pembunuhan bersama Conan dan Heiji. Ia mengaku bahwa Vermouth adalah alkohol kesukaannya. Kemudian, Vermouth sendiri mengaku bahwa Sherry adalah minuman favoritnya, dimana kita tahu bahwa Vermouth adalah musuh utama Sherry alias Ai yang terus mengejarnya sampai harus mengorbankan Calvadosh. Maka dari itu, sangat besar kemungkinan bahwa Wakasa memiliki suatu hubungan dengan Whiskey baik itu hubungan baik maupun buruk.

Lantas, mengapa Wakita? Dalam satu scene, Wakita kedapatan menyajikan Highball ke customer dimana Highball tersebut mengandung Whiskey. Hal ini memunculkan kemungkinan bahwa sesungguhnya ia bukanlah RUM melainkan Whiskey. Dia juga sempat mengatakan bahwa kuda Pirate's Spirit merupakan kuda yang lemah. Fyi, Pirate's Spirit juga merupakan salah satu jenis RUM dan secara tidak langsung Wakita berkata bahwa RUM adalah orang yang lemah. Sangat tidak wajar bila seorang RUM mengatakan hal demikian yang jelas-jelas merendahkan dirinya. Hal inilah yang menguatkan kemungkinan bahwa Wakita bukanlah RUM.
Perkiraan pernyataan Wakita mengenai Pirate's Spirit
Jadi, kemungkinan besar Wakita merupakan bawahan RUM dengan kode Whiskey dan pesan RUM kepada Amuro yang mengatakan "toki wa kanenari" bisa jadi merupakan sebuah petunjuk bahwa RUM memiliki bawahan bernama Wakita Kanenari dan ia ingin Amuro bekerjasama dengan Wakita. So, bagaimana menurut kalian?
Teori 5: Kandidat Keempat-Iori Muga
Iori Muga saat menyamar sebagai Shinichi Wada
Teori terakhir ini merupakan teori yang sedang booming yang menyebutkan bahwa tidak ada yang merupakan RUM diantara tiga kandidat tersebut. Ketiganya merupakan pengalih perhatian. Sedangkan RUM yang sebenarnya adalah seorang pria yang merupakan pelayan dari Momiji Ooka, yaitu Iori Muga. Menurut penganut teori ini, Muga memiliki ciri seperti yang dikatakan Ai. Pria berbadan tinggi dan feminin karena berambut panjang. Walau Muga tidak terlihat memiliki luka di mata, Muga dispekulasikan menggunakan mata prostetik sama seperti Wakasa. Namun teori ini masih memiliki banyak celah seperti tujuan Muga menjadi pelayan keluarga Ooka bila memang dia adalah RUM, umur Muga yang terlalu muda ketika kasus 17 tahun yang lalu terjadi sehubungan umurnya sekarang adalah 30 tahun, serta beberapa hal lainnya yang memunculkan pertanyaan.



Menurut kalian, teori mana yang paling memungkinkan? Adakah teori yang kalian percaya? Atau kalian memiliki teori lain? IMO sendiri lebih condong ke teori 3 dan 4, Wakita merupakan anggota organisasi, namun entah kode namanya RUM atau Whiskey. Sementara Wakasa Rumi merupakan bodyguard Amanda yang menghilang 17 tahun lalu.

Tapi teori tetaplah teori. Hasil akhirnya ditentukan oleh Aoyama Gosho-sensei sendiri. Akhir kata, sampai ketemu di artikel selanjutnya~ :D

Semua gambar bersumber dari Google.


Sudah cek part sebelumnya?
Part 1 : Apakah Asaca itu Rum? (Apa sebenarnya maksud pesan kematian Koji Haneda?)

Part 2 : Rum dan 3 Terduga Utama (Apakah benar Rum adalah salah satu dari tiga kandidat tersebut?)

Part 3 : Flashback yang Tak Pada Tempatnya (Tiba-Tiba ingatan Amuro muncul, ada apakah?)

Part 4 : Rum Reveal? (Sungguh mencurigakan! Apakah orang ini memang Rum?)

Part 5 : Membuka Tabir Scotch (Ternyata orang ini memiliki ikatan darah dengan Scotch!)

Penasaran dengan part selanjutnya? Ayo langsung cek! :D

Part 7 : Secretive Women  (A secret makes a woman woman)

Comments

  1. Aku muncul lagi, haha ๐Ÿ˜‚
    Aku masih bimbang antara Wakasa atau Wakita yg Rum, cm banyak teori yg lebih condong ke Wakita sbg Rum
    Tp utk Asaca, entah kenapa aku lebih prefer Mary sbg Asaca dan berujung dia minum APTX
    Wakasa mungkin punya hubungan sm Haneda Kohji (jaman dia msh hidup) dan dia dendam krn Haneda Kohji dibunuh 17 thn lalu
    Cuma yg masih bikin aku bingung kenapa nama Haneda Kohji sbg korban APTX justru muncul dibawah nama Shinichi Kudo? Klo asumsinya itu diurutkan waktu pemberian APTX, harusnya HK duluan baru SK

    Pikiranku ruwet sendiri klo mikir kaitan keluarga Akai sm Rum Arc ini ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo Mary itu asaca yg mengecil krna APTX 17th lalu, harusnya pas Shinichi pertama kali ketemu masumi sera & Keluarganya 10th lalu, si Mary harusnya udh mengecil donk?? tp waktu itu si Mary masih bertubuh dewasa..

      Delete
    2. Mary jadi kecil karena obat yg dibuat ibunya haibara diminumkan oleh vermouth di london, dan ternyata ibu haibara adalah adiknya mary jadi haibara dan sera masih ada hubungan saudara, satu persatu hubungan mereka terungkap, aku masih yakin kalo wakasa itu asaka soalnya dia nyimpen bidak shogi keberuntungan haneda kouji

      Delete
    3. Pdhal kalo kembali ke episode 1, pasti inget apa yang dikatakan Gin saat ngasih Aptx4869 ke Kudo, yaitu racunnya baru pertama kali dicobain ke manusia, yang artinya meski Ibunya Haibara juga ngebuat aptx itu pastinya udh dicobain ke manusia dan harusnya BO tau dong gimana reaksi dari racun tersebut tapi kenyataannya gk tau, dan malah itu baru pertama dicobain ke manusia seperti yg dikatakan Gin di eps 1
      *gk taulah komen apa wkwk udh lupa banget soal conan dan wakasa itu bukan rum

      Delete
  2. Berharap Iori Muga beneran RUM. Dia cocok dg tipe villain modern. Tamvan, tenang, tidak mencolok sekaligus meyakinkan ๐Ÿ˜†. Dan seiyuu nya Daisuke Ono, akuma de shitsuji desu kara ๐Ÿ˜‚
    Lagian hampir semua pentolan BO memiliki visual menarik, Muga udh cocok banget ๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aoyama bilang, Rum terinspirasi dari Kolonel Sebastian Moran. Mengingat referensi karakter Gundam dan para seiyuunya, mungkin Rum juga disulih suarakan oleh seiyuu yg juga mengisi suara karakter bernama Sebastian, Daisuke Ono, simply one hell of a butler *ngarepbanget๐Ÿ˜‚

      Delete
  3. Haneda koji bukannya hyoue kuroda ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok bisa mikirnya gitu??
      Menurut sya jelas ga sih, haneda jelas sudah meninggal, itu bahkan ada di ingatan rumi dan kuroda bahkan dibahas di nps dan juga diselidiki langsung oleh akai sampai dia akhirnya ngilang.

      Delete
  4. aku pikir asaka sama rum orang yang berbeda, kalau nggak salah asaka bodyguard nya Haneda Koji yang menghilang kan ya? Nah, wakasa Rumi, dia punya benteng Shogi yang dimiliki sama Haneda Koji, yang kata ortu Haneda Koji bahwa shogi benteng itu nggak akan pernah jauh dari Haneda Koji, karena semacam jimat. Nah di chap manga berapa gitu lupa, ada flashback sedikit wajah Haneda Koji waktu wakasa Rumi ngeliat Shogi benteng itu, kurang lebih Haneda Koji bilang "kau masih tetap mau membunuhku?". Kenapa asaka? Karena kepala kepolisian Kuroda di salah satu chap manga waktu kasus kebakaran tenda, dia terlalu terang2an sarkasme ke Wakasa Rumi, soalnya kan di movie udah dikasih tau ya Kuroda salah satu atasan Amurodi PSB, nggak mungkin gitu PSB terlalu terang-terangan melawan organisasi hitam sekalipun itu atasan yang punya kuasa juga percuma langsung terang2an sedangkan selama ini sembunyi2. Itu menurut opini liarku sih.

    Cuma memang agak greget juga mau ikutan diskusi hehe.


    Ohiya, waktu chap manga lupa lagi berapa ya, yang kejadian di gereja tua ketika hujan salju di Nagano, sempet detektif Morofushi bilang kutipan China gitu kaya biasanya pas melewati Amuro Tooru, kurang lebih intinya sama kaya SMS dari Rum yang dikirim ke Amuro, kalau "waktu adalah uang,". Tapi nggak mungkin kalau semisal detektif Morofushi itu ada sangkut pautnya sama Rum, soalnya punya hubungan dekat dengan Scotch.


    Tapi yang jelas sih, yang Put On Mascara itu, Asaca Rum jujur aku pro sama omongan babehnya Shinichi, kalau itu bisa aja Karasuma. Dan mungkin memang Karasuma grup ini punya koneksi dan kekuatan lebih besar dari Suzuki grup, makanya babeh Shinichi sampai bilang itu bukan wilayah kuasa Shinichi dan harus semakin berhati-hati.

    Dan opini liar ku bertambah, seiring tahu bahwa Haneda Koji adalah anak dari orang terpandang dan kaya raya, udah pasti keluarganya punya banyak koneksi, nah otak liar ku berpikir bahwa bisa aja asaca rum itu memang mengacu ke grup karasuma, bukan ke bodyguardnya yang menghilang ataupun ke rum.


    Maaf kalau sok tahu, ini hanyalah opini liarku, hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukannya asaca itu bodyguardnya amanda ya??
      Dan amanda itu fans nya haneda. Makanya di awal munculnya kasus ini, ai dan conan berpendapat bahwa bo itu pengen bunuh amanda karena deket sama fbi/cia tp tnp sengaja kohji terlibat (mungkin saksi) akhirnya ikutan dibunuh. Karena satu2nya orang yang hilang setelah kejadian ini adalah asaca, makanya dia dianggap sbg pelaku yg bahkan keluarga amanda ga tau kapan ngerekrut asaca ini, jadilah sosok asaca sangat misterius.

      Delete
  5. yang pasti saat ini poin 4 dan 5 menurutku salah, karena gosho jelas sudah bilang rum adalah salah satu dari kuroda, rumi dan wakita.
    Kalau saya sih cukup setuju kalau wakita itu rum, koroda itu psb, rumi (mungkin asaka)
    Jujur saja pas arc nya vermouth dan bourbon sya bener2 ketipu, salah total dan mungkin sekarang salah lagi.
    Hal yang paling membuatku penasaran sebenarnya apa sih tujuan rum????
    Apa dia ditugaskan untuk menyelidiki tentang kematian sherry? Mengingat pas kasus shinichi, ai sampai 2x mendatangi rumahnya hanya untuk memastikan ia sudah mati. Dan pas matinya shuichi yang jelas2 disaksikan gin dan vodka, tp vermouth tetap ditugaskan untuk menyelidiki fbi, untuk melihat reaksi jodi sampai ia benar2 yakin mayat itu adalah akai. Tp ttp aja rei ga percaya, dan menyelidiki lagi, sampai ia cukup yakin. Namun akhirnya dia menyelidiki lagi gara2 hanya melihat bayangan di kereta api, dan tau okiya itu akai.
    Pertanyaannya apa iya bo yakin sherry mati tnpa adanya mayat?
    Jika benar rum datang untuk sherry, yg paling mungkin ya dia mulai dari kogoro mouri, spt rei dulu yg mulai dari kogoro karena alat pelacak itu.
    Lalu apa hanya itu niatannya??
    Saya sih cukup yakin, kalau kecelakaan yg membuat kuroda (jika kuroda yang sekarang memang kuroda yg asli) koma bertahun2 berhubungan dengan rumi, (terlepas dari siapa rum) mengingat mereka memiliki luka yang cukup menakutkan.
    Tapi jujur saya bingung knpa gosho memasukan tokoh momiji, apa hy untuk love triangle nya hatori? Atau berusaha mengaitkan wada dgn conan sbg seseorng yg katanya sempet kerja pd keluarga haneda.

    ReplyDelete
  6. RUM hampir pasti adalah Wakita.
    Kita lihat kedepannya gimana. Kadang seolah udah bener itu, eh besok berubah lagi

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzles Part 1 (Apakah Asaca itu Rum?)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 4 (Rum Reveal?)