Games of Life: Mobile Legends-Prediksi Hero of The Month December 2018

Heyo guys! IMO kembali lagi setelah absen cukup lama. Di postingan IMO sebelumnya, IMO memberikan informasi mengenai Hero of The Month October 2018. Bila kalian belum membacanya, kalian bisa cek di sini. Lantas, mengapa dari Oktober IMO langsung locat ke Desember? Karena pada bulan November kemarin, hero-hero yang masih populer sebagian besar masih dipegang oleh hero-hero populer di bulan Oktober. Kemunculan Harith dan Minsitthar (yang mengundur jadwal rilis Vale LAGI) ternyata tidak memberi pengaruh yang berarti terhadap kepopuleran hero-hero tersebut. Namun di Advance Server Moonton telah membuat perubahan yang cukup signifikan dan kemudian dibarengi dengan jadwal rilis 2 hero baru di bulan Desember ini, maka IMO yakin hal tersebut akan menjadi indikator utama lengsernya popularitas hero-hero Oktober lalu. Lalu siapa saja yang akan menjadi Hero of The Month Desember ini? Berikut prediksi IMO.

10. Rafaela
Yup. Kalian tidak salah baca. Semenjak salah satu fanpage ML di Instagram membagi saran build Rafaela dengan mengombinasikan Lightning Truncheon dengan Clock of Destiny dan 3 Dominance Ice, Rafaela mulai dilirik para pemain karena dia bisa memberikan damage masif terhadap lawan di mid-late game. Tak jarang damage yang Rafaela berikan dapat melebihi damage yang diberikan oleh rekan tim yang lain. Pasif Rafaela pun bisa menjadi "pembunuh" ketika Rafaela memiliki level yang tinggi. Hingga saat ini, Moonton masih tidak memberi perubahan yang berarti pada Rafaela sehingga prediksi IMO, dia akan tetap menjadi hero support favorit di Bulan Desember ini.

9. Minotaur
Sangat disayangkan Moonton akan mengurangi damage yang dihasilkan oleh skill ultimate Mino ketika sedang dalam mode fury pada patch mendatang. Hal ini tentu saja akan berpengaruh cukup besar terhadap popularitas dan stabilitas Mino. Sehingga menurut IMO, popularitas Mino akan menurun drastis Desember ini. Namun IMO yakin hal ini bukanlah suatu masalah besar bagi pro user Mino. Dengan menjalin kerjasama dengan Mage sejenis Aurora maupun Valir serta timing ultimate yang pas, Minotaur masih akan cukup ditakuti hingga pergantian tahun mendatang.

8. Hayabusa 
Kekasih Kagura ini akan mendapat buff pada patch selanjutnya berupa tambahan bonus physical damage pada skill ultimatenya yang menjadi 90% dimana sebelumnya hanya 80%. IMO memprediksi buff ini akan mendorong banyak pemain menggunakannya kembali, atau bahkan akan kembali memasuki banned heroes list. Ultimate Hayabusa memang sangat membahayakan, terlebih bila saat terciduk, kita hanya seorang diri. Satu-satunya cara agar terhindar dari seluruh damage dari ultimate Hayabusa adalah dengan berada berdekatan dengan rekan satu team ataupun minion sehingga damage dari ulti Hayabusa akan terbagi-bagi.

7. Gusion
Hingga saat ini Gusion masih menjadi hero Burst terbaik yang sekaligus cocok sebagai mid laner. Dengan mengandalkan kecepatan jari tangan serta kombinasi skill, takkan sulit bagi Gusion untuk menghabisi lawannya. Mobilitasnya pun masih cukup tinggi walau pernah terkena nerf. Cara untuk menghentikan dia adalah dengan stun serta ganking.

6. Chou
Patch selanjutnya sesungguhnya merupakan buff besar-besaran untuk Chou. Selain skill 1 yang mendapat peningkatan damage, skill 2nya juga mengalami perubahan. Skill 2 Chou tidak akan lagi memberikan damage reduction, namun sebaliknya akan memberikan shield. Hal ini membuat Chou terlihat seperti Harith. IMO mengindikasikan perubahan ini akan meningkatkan popularitas Chou nantinya. Namun mayoritas bukan sebagai tank lagi, melainkan sebagai seorang fighter.

5. Martis
Merupakan salah satu fighter terkuat dan paling ditakuti di dalam game diikuti oleh Chou dan Leomord. Memiliki mobilitas dan durabilitas serta damage yang mumpuni menjadikannya sangat populer padahal skill 1 dan skill 2 nya telah mengalami nerf dan adjustment berkali-kali. Akan tetapi hal tersebut kelihatannya takkan menghentikan langkah Martis sebagai Fighter terpopuler, apalagi menjelang akhir Desember tahun ini Martis akan menerima skin Zodiak Capricorn. Mendapatkan skin baru berarti mendapatkan buff sesuai strategi pemasaran Moonton akhir-akhir ini. Dan mendapatkan buff bagi Martis merupakan sebuah nilai plus yang tentu akan semakin meroketkan kepopulerannya. Bahkan tak menutup kemungkinan Martis akan kembali masuk ke dalam daftar ban.

4. Claude & Hanabi
Sebenarnya patch selanjutnya merupakan patch neraka bagi 2 Marksman terpopuler saat ini. Pasalnya mereka berdua terkena nerf yang cukup berpengaruh terhadap gameplay mereka. Damage dari Dexter dari pasif Demon Hunter Sword mendapatkan penurunan sehingga total damage yang dihasilkan Claude menjadi berkurang, padahal Demon Hunter Sword merupakan salah satu core item Claude. Sementara itu, Hanabi juga mendapatkan penurunan namun di bagian lifesteal pasif. Lifesteal dari skill pasif Hanabi mengalami penurunan yang sangat drastis. Bonus move speed yang ia dapatkan dari skill pasif pun ikut mengalami nerf. Nerf kali ini benar-benar tidak menguntungkan bagi Hanabi karena dia harus mendapat pengurangan pada durabilitas dan mobilitasnya. Namun IMO masih yakin mereka berdua masih akan cukup banyak digunakan di bulan Desember ini, walau mungkin juga cepat ataupun lambat posisi mereka bisa digantikan oleh Karrie yang terus-menerus mendapat buff. Seandainya saja pasif Kadita tidak diganti oleh Moonton, mungkin pula Claude dan Hanabi serta hero lain yang mengandalkan attack speed akan langsung meredup dan critical akan kembali populer. 

3. Gatotkaca
Inilah dia tank yang paling ditakuti dan sering terkena ban saat ini. Hal utama penyebabnya adalah skill pasif miliknya yang memberikan durabilitas yang sangat berguna untuk dirinya. Selain itu pula ia memiliki banyak skill yang bersifat Crowd Control. Terlebih Gatot akan mendapatkan skin epic Sentinel bulan ini sehingga secara tidak langsung akan terus meningkatkan popularitasnya.

2. Kadita
Akan rilis di original server tanggal 18 Desember 2018 nanti, IMO sangat yakin Kadita akan menjadi hero Mage yang sangat populer, menyaingi Lunox. Mengapa? Karena Kadita memiliki skill-skill yang cukup merepotkan. Skill 1 Kadita memberikan damage reduction kepada Kadita bila ia diserang saat sedang menggunakan skill ini, sama seperti skill 2 Martis. Sedangkan skill ultimate Kadita memberikan damage yang sangat tinggi serta immune selama sekian detik terhadap segala jenis skill. Hal inilah yang menyebabkan Kadita kemudian mendapat julukan sebagai Ratu Immune menyaingi Martis yang dijuluki Raja Immune. Seandainya saja pasif Kadita tidak diganti, maka para pengguna attack speed akan menghindar darinya. Namun pasif yang sekarang juga bagus dalam membantunya untuk mengejar lawan sampai ke bawah turret musuh.

1. Hanzo 
Hanzo yang baru dirilis 4 Desember kemarin akan menjadi hero yang paling sering terkena ban dan terpopuler di Bulan Desember ini menurut prediksi IMO. Skill 1 nya dapat membunuh monster hutan secara instan dan praktis dan merupakan skill jungle terbaik hingga saat ini. Sementara itu, ultimate Hanzo memungkinkan dirinya melepaskan diri dari tubuhnya dan memberikannya skill-skill baru. Dengan begitu, Hanzo bisa dengan tenang jungling sembari menciduk lawan yang kebetulan lewat di area tersebut. Bila Hanzo telah selesai jungling, ia bisa bersembunyi di bush lalu mengaktifkan ultimatenya untuk memburu lawan. Hal inilah yang mengerikan dari Hanzo. Namun juga merupakan suatu hal yang menantang bagi lawan karena harus segera menemukan tubuh asli Hanzo untuk menumbangkannya. Ketika Hanzo sedang menggunakan skill ultimatenya, tubuh aslinya tidak akan ada yang menjaga sehingga bisa menjadi sasaran empuk. Namun ketika tubuh aslinya diserang, benang penghubung antara Hanzo dengan tubuhnya akan menyala sehingga Hanzo bisa dengan cepat menyadari bahwa dirinya berada dalam bahaya. Menggunakan Hanzo sejatinya cukup menyenangkan, namun juga memiliki kesulitan yang sangat tinggi. Semua keunikan dan damage yang dimilikinya inilah yang akan membuatnya sangat populer dan ditakuti. Dan menurut IMO sendiri hero ini termasuk hero yang OP alias Over Power. Tak heran bila nantinya ia menjadi hero paling populer Desember ini.

Jadi bagaimana menurut kalian? Adakah hero favorit kalian di atas? Silahkan tuliskan komentar kalian di bawah ya dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya. :) Anyway, IMO sih berharap list hero di atas akan berubah di tahun 2019 nanti agar semua hero memiliki popularitas yang merata.

Comments

Popular posts from this blog

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 6 (RUM Theory & Kandidat Keempat)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzles Part 1 (Apakah Asaca itu Rum?)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 4 (Rum Reveal?)