Games of Life: Mobile Legends-Heroes of The Month (October 2018)

Hi guys~ Pada postingan kali ini IMO akan membahas hero-hero yang sedang populer di bulan Oktober ini. Kali ini IMO hendak berterima kasih kepada salah satu akun instagram yang IMO gunakan sebagai referensi @moleanalysis. Namun IMO tidak 100% setuju karena disini IMO juga akan melakukan pemilahan. Jadi, hero apa sajakah itu?

1. Assassin
Hero dengan role Assassin merupakan hero yang bisa dikatakan paling diminati di dalam game oleh mayoritas pemain. Selain itu pula kebanyakan hero Assassin bersifat over power (OP), sehingga tak jarang dalam 1 team terdapat lebih dari 1 assassin. Maka dari itu, dalam list ini IMO akan memasukkan 3 hero assassin yang sedang populer saat ini. Sayangnya Hayabusa dan Lancelot tidak termasuk karena di bulan Oktober ini mereka sangat jarang untuk di pick ataupun di ban.

A. Helcurt
Hero yang satu ini hampir 100% akan terkena ban ataupun dipick dalam mode Draft Pick. Burst Damage beserta efek Silence yang dia hasilkan sudah cukup membuatnya sebagai hero yang paling ditakuti dan tidak diharapkan keberadaannya. Sill "mematikan lampu" miliknya pun cukup membuat takut hero-hero carry lawan. Di tangan pro player, Helcurt bisa dengan mudah menciduk Mage, Support, serta Marksman lawan. Oleh sebab itulah Helcurt masuk jajaran hero yang wajib untuk diban.

B. Selena
Pernahkah kalian terkena stun karena "lele terbang" milik Selena? Mengesalkan bukan? Nah, inilah yang membuat Selena sangat populer tidak hanya di bulan ini namun memang sudah populer semenjak baru rilis di Advance Server. Durasi stun yang lama dan Burst Damage yang tinggi membuatnya menjadi langganan ban dan pick. Bila kalian menggunakan hero Mage ataupun Marksman dan clear lane sendirian, sebaiknya kalian waspada. Bila lengah sedikit, kalian bisa ditabrak oleh lele terbang gentayangan. Selain unggul di stun dan damage, mengejar Selena adalah suatu hal yang membutuhkan sedikit kesabaran. Pasalnya, skill 1 mage form Selena dapat menyebabkan slow hingga 70% bila tidak sengaja terinjak. Dan bila terstun oleh lele terbang Selena, dia akan mendapatkan tambahan movement speed yang semakin membuatnya licin seperti lele. Namun begitu, Selena memiliki HP yang tipis dan sangat bergantung pada farming di menit awal. Dengan melakukan ganking dan mencuri semua jungle Selena, dijamin Selena akan mati kutu.



C. Gusion 
Walau sudah pernah terkena nerf, nyatanya hal itu tidak menghentikan popularitas Gusion. Dia digadang-gadang sebagai midlaner terkuat season ini. Bagaimana tidak. Dari menit awal sampai late game pun damage dari hero assassin yang satu ini sangat tinggi, ditambah dengan cooldown skill yang cukup singkat pula. Selain damage, keuntungan lain yang Gusion dapat dari skillnya yang memiliki cooldown yang cepat adalah kemampuan mobilitasnya. Hal ini dikarenakan skill-skill Gusion sebagian besar mengandung skill Dash yang bisa ia gunakan untuk mengejar maupun melarikan diri. Tidak seperti dua hero assassin di atas, Gusion agak jarang diban namun sangat sering dipick. Hal ini mungkin disebabkan karena Gusion masih "lebih bisa" diatasi ketimbang Helcurt dan Selena. Cukup dengan skill stun, maka Gusion akan menjadi tidak berdaya. Terlebih Gusion merupakan hero yang terkadang melakukan dive untuk mengejar targetnya. Bila Gusion tidak waspada, dirinya bisa terkena jebakan berupa stun di dalam turret lawan. Belum lagi bila target tersebut memiliki skill burst seperti Eudora ataupun Aurora. Kalau sudah begini, Gusion hanya bisa pasrah terkena kombo skill mereka.

2. Mage
Ada 2 hero Mage yang sedang populer saat ini dan keduanya sedang naik daun. Secara menakjubkan, setelah season reset Valir menjadi lebih populer dari sebelumnya. Namun sedikit disayangkan dia tidak masuk dalam list ini dikarenakan jarang dipick di Draft Pick walau cukup populer di Classic maupun Brawl. Mungkin ini dikarenakan Valir tidak memiliki escape skill dan para players tidak mau mengambil resiko tinggi di Ranked.

A. Lunox
Merupakan Mage Anti-Tank pertama di dalam game (tolong koreksi bila IMO salah). Mengapa? Selain memiliki damage yang sangat tinggi, Lunox memiliki pasif yang pastinya sangat ditakuti oleh para tankers. Pasif Lunox menyebabkan item dengan cooldown reduction tidak memiliki pengaruh terhadapnya, namun mengkonversinya menjadi Magic Penetration bila ia berada dalam pengaruh kegelapan (dark). IMO tidak akan membahas pasifnya bila ia berada dalam pengaruh cahaya (light) karena yang menyebabkan dia sering diban dan dipick adalah dark mode nya. Dengan magic penetration yang tinggi ditambah damage yang tinggi pula, hero yang memiliki HP tipis bisa sekarat hanya dengan sekali shot dari skill 1 dark milik Lunox. Selain itu, skill ultimate versi dark Lunox memiliki Dash serta skill ultimate versi light menyebabkan Lunox immune terhadap segala jenis serangan selama beberapa detik. Satu hal yang membuat Lunox istimewa adalah skillnya yang tidak akan pernah miss. Selama target berada dalam jangkauan skillnya, tanpa perlu mengarahkan skillnya, skillnya akan mengejar target dengan sendirinya.

B. Alice 
Merupakan hero "kesayangan" Moonton karena terus-menerus mendapat buff tanpa terkena nerf. Hingga kini, buff terakhir yang ia dapatkan menyebabkan dirinya mulai terkena ban di mode Draft Pick. Pasalnya, kini damage yang dihasilkan Alice dari skill-skillnya terutama skill ultimate sangatlah menyakitkan. Heal dari ultimatenya pun sangat cepat, menyebabkan dia menjadi Penghisap Darah yang sesungguhnya. Blink dari skill 1 nya juga membuat Alice sangat licin dalam hal meloloskan diri. Maka dari itu penggunaan battle spell Flicker bukanlah suatu keharusan untuk Alice. Flicker bisa diganti dengan Aegis sehingga memiliki pertahanan yang lebih ketika mengaktifkan skill ultimatenya. Tidak seperti hero Mage lain, Alice merupakan hero yang sangat menyakitkan ketika memasuki mid sampai late game karena di menit awal Alice harus mengumpulkan stack dengan membunuh ataupun membantu membunuh minion. Selain sebagai Mage, Alice juga bisa dialihfungsikan sebagai Tank kedua dalam suatu tim.

3. Marksman
Bulan Oktober menjadi bulan kebangkitan bagi role Marksman. Tidak seperti di bulan-bulan sebelumnya, bulan ini terdapat 3 hero Marksman yang paling diminati. Seperti yang kita ketahui, saat ini ada 2 tipe Marksman di dalam game, yakni Marksman Critical dan Marksman Attack Speed. Marksman Critical yang sedang bersinar saat ini adalah Clint. Namun sayangnya Clint dan Marksman Critical lainnya harus menerima kenyataan bahwa mereka saat ini sedang berada di tahap ketidakpopuleran. Karena Marksman Attack Speed lah yang sedang diminati saat ini.

A. Claude
Claude adalah hero ketiga yang menggeser jadwal Vale rilis di original server setelah Lunox dan Belerick. Sama seperti Selena, Claude langsung menjadi populer padahal baru saja dirilis. Yang membuatnya spesial adalah blink dari skill 2 nya serta ultimate nya yang damage nya dangat pedas. Tak jarang Claude disebut sebagai Marksman rasa Assassin karena kemampuan ini. Hanya dengan satu Demon Hunter Sword sudah cukup bagi Claude untuk meluluhlantahkan pertahanan lawan. Dan akan semakin menyeramkan bila Demon Sword Hunter ia kombinasikan dengan Golden Staff. Temporary Shield yang dihasilkan oleh ultimate Claude pun sangat membantunya dalam bertahan sehingga tidak mudah bagi lawan untuk menggagalkan ultimate Claude dengan membunuhnya. Ultimate Claude ini hanya bisa dicounter dengan skill CC Freeze dan Knock Up. Alasan-alasan di atas tak jarang digunakan sebagai alasan Claude diban ataupun first picked.

B. Hanabi
Adalah Marksman yang masuk Meta di season ini. Memiliki damage area yang sangat sakit, Hanabi akan menjadi lawan yang sangat merepotkan menjelang late game terlebih bila ia diberi makan sedari awal permainan ataupun dicueki sehingga dia bisa farm dengan leluasa. Skill 1 miliknya yang mantul-mantul merupakan kunci yang penting bagi Hanabi. Di tangan pro players, Hanabi bisa saja mencicil HP lawan secara tidak langsung hanya dengan menyerang minion tanpa aim langsung ke target. Pasif Hanabi juga menjadi bagian penting yang akan menyelamatkannya dari efek Crowd Control beserta tambahan movement speed. Cara yang baik digunakan untuk melumpuhkan Hanabi adalah dengan mengkombinasikan Assassin Burst seperti Saber dengan Mage Area seperti Aurora dan Eudora. Skill Area dari Mage bisa menghilangkan pasif dari Hanabi dan kemudian Si Assassin akan langsung menghabisinya. 

C. Karrie 
Inilah hero yang menyandang gelar Marksman Anti-Tank. Disebut demikian karena Karrie bisa dengan mudahnya membunuh Tank berkat skill pasif yang dimilikinya yang menghasilkan true damage. Jadi seberapa besarpun armor yang suatu tank miliki, dia tidak akan bisa bertahan lama bila berhadapan dengan Karrie. Apalagi bila pasif ini dikombinasikan dengan Demon Hunter Sword. Mungkin hanya dengan beberapa kali tembakan dari Karrie, lawan akan langsung tak berdaya. Satu-satunya cara menghentikan langkah Karrie adalah dengan menciduknya menggunakan Assassin Burst seperti Saber. Untuk Tank satu-satunya cara menghadapi Karrie adalah dengan membeli item Wing of Apocalypse. Hal inilah yang menyebabkan Karrie cukup populer sekaligus mengerikan.


4. Tank
Seolah tak mau kalah, Tank pun memiliki 3 hero yang sedang populer. Ketiga hero ini berevolusi menjadi hero yang cukup menyeramkan usai mendapat rework maupun revamp dari Moonton. Bahkan ketiganya juga sangat sering diban ataupun dipick padahal sebelumnya merupakan hero underrated.


A. Gatotkaca
Season ini merupakan tingkat popularitas Gatot paling tinggi. Berkat rework dari skill 2 serta skill 3 yang ia dapatkan sukses membuatnya menjadi hero Tank yang sering terkena ban dan bahkan yang IMO lihat sekarang ini Gatot lebih sering diban ketimbang Johnson. Ketiga skill milik Gatot merupakan CC skill sedangkan skill pasif Gatot membuatnya semakin tanky. Hal yang paling dibenci sekaligus ditakuti dari Gatot adalah efek taunt dari skill 2 nya. Selain sebagai pembunuh, skill 2 Gatot bisa juga digunakan sebagai alat melarikan diri ataupun membantu rekan dalam melarikan diri. Gatot juga terkadang bisa menciduk dengan menggunakan skill 3 miliknya dari dalam bush. Dan metode ini cukup efektif untuk membuat lawan terkejut. Dan dari hal-hal di atas, maka tak heran bila Gatot menjadi hero Tank terbaik di bulan Oktober ini versi IMO.

B. Johnson
Hal yang paling ditakuti dari Tank yang satu ini adalah crowd controlnya yang tinggi yang bisa digunakan untuk melarikan diri, mengejar, maupun menabrak lawan serta membawa satu penumpang. Selain itu, Johnson juga memiliki tingkat survivability yang tinggi pula berkat pasifnya. Semakin tinggi armor yang ia miliki, maka semakin tinggi shield yang ia dapatkan ketika sekarat. Selain itu pula modifier dari skill-skillnya juga menggunakan armor. Jadi semakin tinggi armor Johnson maka damage yang ia hasilkan juga semakin sakit. Oleh sebab itu, tak jarang Johnson terkena ban ataupun menjadi first pick walau tidak sesering sebelumnya.

C. Minotaur 
Hasil rework yang termasuk berhasil juga. Sebenarnya Minotaur tidaklah begitu menyeramkan. Hanya saja ketika dia memasuki fury/rage mode, sebaiknya dia tidak didekati karena utimatenya sangat efektif untuk menghentikan lawan dan kemudian dihabisi oleh damage dealer di teamnya. Selain itu pula skill ultimatenya tersebut dapat memberikan true damage sehingga sudah pasti akan sangat menyakitkan. Heal dari skill 2nya juga cukup membantu dalam hal mensupport team, sedangkan skill 1nya sangat efektif untuk mengejar lawan ataupun melarikan diri. Walau tidak diban sesering Gatot ataupun Johnson, tapi Mino cukup sering dipick sebagai tank di tim.

So, itulah hero-hero yang sedang populer di bulan Oktober 2018 ini. Untuk role Fighter, sementara ini IMO belum melihat yang populer namun bila membicarakan tentang Fighter yang bagus, IMO akan memilih Leomord dan Aldous. Namun sayangnya tak banyak pemain yang mengambil mereka. Kemudian untuk Angela, saat ini popularitasnya sedang menurun. Popularitasnya menurun sangat drastis. Padahal sebelum reset season, Angela sangat gencar diban dan first pick. Namun memasuki season baru, dia seolah-olah meredup dan bahkan kalimat "No Angela" makin menjamur. Namun IMO saat ini masih senang menggunakan Angela terutama di mode ranked karena kemampuannya untuk menyembuhkan sekaligus memberi damage. Adakah hero favorit kalian di dalam daftar ini?

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 6 (RUM Theory & Kandidat Keempat)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzles Part 1 (Apakah Asaca itu Rum?)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 4 (Rum Reveal?)