Games of Life: 7 Tank Terbaik di Mobile Legends

Berperan sebagai penerima damage, role tank memang tidak bisa diacuhkan keberadaannya. Hampir di setiap match kalimat "Kita butuh Tank" akan selalu muncul di sesi pemilihan hero. Dalam suatu pertandingan, tank sangat dibutuhkan untuk melindungi team dari berbagai serangan lawan. Tak jarang rekan satu team akan marah-marah bila tidak ada role tank sama sekali dalam sebuah team, karena hal ini berarti team tersebut sangatlah empuk untuk dilumpuhkan. Walau keberadaannya begitu penting di dalam team fight, namun sangat sedikit pemain yang mau menggunakan hero tank terutama di tier Grandmaster ke bawah karena bagi mereka kill adalah segalanya. Jika sudah begini, mau tidak mau kita harus mengalah. Namun tak jarang pula tank user kemudian disalahkan ketika kalah dalam pertandingan.

Well... Di sini IMO takkan membahas penderitaan-penderitaan tank user. Sesuai judul, kali ini IMO akan membahas 7 tank yang saat ini sedang naik daun, baik karena durabilitas yang tinggi maupun karena sifatnya yang seperti assassin. IMO harap dengan artikel ini user tank akan lebih terbantu dalam memilih hero tank untuk team fight, karena saat ini tidak semua hero tank sedang bersinar. Jadi, inilah 7 Hero Tank Terbaik di Mobile Legend per September 2018.

7. Uranus
Memiliki Ability Effect serta Durability yang paling tinggi di antara 6 lainnya di list ini nyatanya hanya berhasil membuatnya menempati urutan ke-7 versi IMO. Namun hal ini merupakan suatu kabar baik, karena sebelumnya ketika Uranus awal-awal rilis ia bahkan tidak masuk ke dalam list ini. Baru kemudian setelah Moonton memberikan buff terhadap skill 2 miliknya, Uranus menjadi tank yang cukup diperhitungkan saat ini. Skill 2 Uranus saat ini membuatnya kebal terhadap efek slow. Hal ini memberikannya keuntungan yang cukup besar untuk mobilitasnya. Belum lagi ketika dia menggunakan Rapid Boots sebagai item movement nya. Pasif negatif dari Rapid Boots tidak akan bekerja ketika Uranus menggunakan skill 2 yang berarti akan membuatnya semakin mudah mengejar target atau melarikan diri ketika sedang sekarat atau bahkan semakin cepat baginya untuk menghampiri rekan untuk melakukan team fight. Sayangnya kita tidak bisa berharap terlalu banyak untuk skill 1 miliknya terutama di early game. Skill 1 Uranus sebenarnya memiliki damage yang cukup tinggi, namun dengan catatan stack pasifnya harus tinggi pula yang berarti Uranus harus rela dirinya dipukuli terlebih dahulu. Bila tidak memiliki stack pasif yang banyak, skill 1 ini hanya akan terasa seperti "gigitan semut". Namun kelebihannya, ketika lawan terkena skill 1 ini maka secara otomatis physical attack maupun magic power lawan akan berkurang 15% serta movement speednya berkurang 40%. Sangat cocok dikombinasikan dengan skill 2 untuk melarikan diri. Sedangkan untuk skill 3 atau skill ultimatenya, Uranus akan mengunci 1 lawan dan kemudian menghantamkan dirinya ke lawan tersebut. Skill ini sangat cocok untuk mengcounter hero-hero yang doyan kabur dan susah ditangkap seperti Fanny dan Harley dengan syarat Uranus harus sedang bersama hero carry sehingga lawan bisa langsung dihabisi ketika sedang dilock oleh Uranus.
Menurut IMO, Uranus memiliki 3 core item yaitu Sky Guardian Helmet, Rapid Boots, dan Oracle. Namun Oracle bisa diganti dengan Enchanted Talisman yang akan memberikan magic power tambahan serta mana spring dan cooldown reduction pada Uranus.

6. Akai
Hero tank yang dulu sempat dinobatkan sebagai tank terbaik ini menduduki peringkat 6 di list ini versi IMO. Gelarnya tersebut kemudian direbut oleh Johnson setelah Johnson mendapat rework dari Moonton. Kemudian skill 2 Akai juga telah mendapatkan nerf dimana jangkauan kodoknya diperpendek serta jangkauan lompatan skill 1nya juga diperkecil. Namun saat ini Akai masih dipandang sebagai tank yang mengerikan walau tidak semengerikan dulu. Yang membuatnya mengerikan adalah kombinasi dari skill 2, stun skill 1, dan putaran tornado dari skill 3. Kemampuan skill 3 nya sebagai crowd control juga sangat baik dan juga sering digunakan untuk mendorong lawan ke turret dan menindihnya disana sampai akhirnya tewas dibunuh turret Akai. Namun sayangnya setelah terkena nerf dan muncul berbagai hero tank baru, Akai makin ditinggalkan padahal basic attack nya dapat memberi cukup banyak damage bila dibandingkan tank sejenis Uranus dan Hylos, apalagi bila target telah terkena efek dari skill 2 miliknya. Menurut kalian, masih pantaskah Akai menjadi bagian dari Meta?

5. Belerick
Di peringkat 5 adalah tank terbaru yang Moonton rilis pertengahan Agustus kemarin. Tank yang satu ini digadang-gadang sebagai "Marksman Killer" karena pasifnya. Belerick memiliki 2 pasif, satu pasif bersifat defensif dan satunya lagi bersifat ofensif. Pasif pertama Belerick yang bersifat defensif akan memberikan Belerick tambahan 20% HP dari total HP yang ia dapatkan dari seluruh item equipment. Hal ini memberi keuntungan kepada Belerick berupa HP yang sangat tebal di late game. Pasif kedua Belerick yang bersifat ofensif akan memberi serangan balasan kepada lawan bila dirinya terkena damage lebih dari 200 poin. Semakin tinggi HP Belerick yang tersisa, maka semakin sakit pula serangan balasan yang dilancarkan oleh pasif Belerick. Serangan ini lebih diprioritaskan kepada lawan yang memiliki tanda dari skill 1 Belerick. Nah, pasif ofensif inilah yang membuatnya disebut sebagai tank pembunuh marksman, karena serangan pasif Belerick bisa menjangkau sampai tempat marksman berdiri. Bayangkan bila Belerick diserang oleh Marksman yang umumnya memiliki damage di atas 200 poin, sementara Belerick menggunakan item armor yang banyak terlebih menggunakan item Blade's Armor yang memantulkan segala jenis basic attack yang bersifat physical. Maka Marksman tersebut akan menerima 2x damage, dari pasif Belerick dan dari pasif Blade's Armor. Lantas, haruskah pengguna Marksman kemudian pasrah ketika bertemu Belerick? Tidak. Mengapa? Karena Belerick (dan bahkan hampir semua tank) sangat lemah terhadap 1 hero Marksman, yaitu Karrie. Pasif Karrie memang dikhususkan untuk menghancurkan pertahanan para tank karena dapat memberikan true damage yang poinnya semakin besar seiring semakin banyaknya HP target. Bila seorang Karrie melengkapi dirinya dengan item Demon Hunter Sword, maka sebaliknya Belerick dan para tank yang harus pasrah ketika menghadapi Karrie. Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai Karrie akan IMO bahas di lain waktu.


Kembali pada Belerick, selain skill pasif, skill aktif Belerick sebenarnya tidak memiliki damage mumpuni sebesar Hylos, Grock, atau Johnson. Ketiga skill aktifnya lebih condong ke arah support. Skill 1 Belerick akan menyebabkan efek slow serta memberi mark terhadap target yang berada di ujung skill 1 Belerick. Sedangkan skill 2 Belerick akan memberikan efek speed up untuk dirinya dengan mengorbankan sedikit HP miliknya. HP yang ia korbankan akan diterimanya kembali bila menggunakan basic attack setelah menggunakan skill ini. Basic attack tersebut juga akan mengikat target dan menyebabkannya immobilize selama beberapa saat. Kedua skill tersebut sangat cocok digunakan untuk mengejar atau mencegah target melarikan diri atau untuk menyelamatkan diri. Sedangkan skill 3 aka ulti Belerick akan memberi heal kepada dirinya sendiri dan membuat lingkaran pelindung di sekelilingnya. Rekan yang berada di dalam lingkaran tersebut akan menerima perlindungan berupa damage reduction bila diserang lawan dan 40% damage yang diterima oleh rekan tersebut akan "disumbangkan" kepada Belerick. Belerick sendiri juga akan menerima damage reduction sehingga damage yang ia terima menjadi berkurang berkali-kali lipat. Bila dilihat dari ketiga skill aktifnya, IMO pikir Belerick lebih cocok mendapat role sebagai Tank/Support ketimbang pure Tank. Ketiga skillnya sangat efektif untuk team fight. Terlebih ultimate nya sangat berharga ketika digunakan dalam war. Sayangnya masih banyak pengguna Belerick maupun rekan Belerick yang tidak menyadari betapa berharganya skill ultimate milik Belerick ini sehingga pada akhirnya ulti ini malah disia-siakan.

4. Hylos
Merupakan hero dengan HP tertinggi dalam game, Hylos semenjak kemunculannya cukup ditakuti sekaligus digemari oleh banyak pemain. Selain memiliki durabilitas yang tinggi, keunikan Hylos lainnya adalah penggunaan HP sebagai pengganti mana ketika mana Hylos telah habis. Kelebihannya ini membuat Hylos tidak perlu bolak-balik base untuk mengisi mana. Cukup dengan item HP regen seperti Guardian Helmet, Hylos bisa dengan leluasa membantu team fight. Hingga artikel ini diterbitkan, Hylos masih menjadi primadona di kalangan pengguna tank dan dijadikan alternatif ketika Johnson diban atau dipick oleh lawan. Terlebih bila Hylos kemudian dikombinasikan dengan Angela ataupun Zhask. Hylos bersama Angela adalah kombinasi paling umum yang sering ditemui dalam suatu battle. Selain membantu meregenerasi Hylos, Angela juga akan membantu Hylos dalam mencicil (poke) HP lawan. Dengan tambahan shield dari ulti Angela, Hylos akan semakin tebal dan siap berada di garis depan. Sementara itu, kombinasi Hylos dengan Zhask memang tidak selumrah kombinasi Hylos-Angela dan terkesan aneh. Namun jangan salah. Bila Hylos dan Zhask bisa berkomunikasi dengan baik, maka kombinasi ini akan menjadi cukup mengerikan. Pasalnya, Hylos akan membantu Zhask menghancurkan turret sekaligus melindungi Zhask sendiri. Bila sudah begini, mereka berdua bisa menghancurkan banyak turret bahkan ketika match belum 10 menit berlangsung.

Lantas, mengapa Hylos menduduki peringkat 4 di list ini? Well... Menurut IMO hal ini disebabkan oleh beberapa hal sepele namun berpengaruh besar dalam game. Yang pertama, damage baik dari skill maupun basic attack nya cukup rendah. Skill 2 Hylos merupakan kartu As Hylos untuk membunuh target dengan mencicil HP. Skill 2 ini bisa terus aktif dan menyedot cukup banyak mana ataupun HP sehingga kurang efektif bila digunakan untuk membunuh lawan yg HPnya penuh sendirian. Kedua, cukup sulit untuk digunakan walau tingkat kesulitannya tertera cukup rendah. Dalam menggunakan Hylos, pilot harus tetap fokus terlebih ketika skill 2 masih aktif. Bila sampai lupa mematikan skill 2 bisa-bisa Hylos terbunuh karena HPnya terus "dimangsa" oleh skill 2nya. Skill 2 ini juga biasanya menjadi indikator apakah sang pilot sudah terbiasa menggunakan Hylos atau tidak. Pilot yang jam terbang Hylosnya tinggi biasanya akan mengaktifkan skill 2nya seefisien mungkin. Jadi kesimpulannya, skill 2 Hylos menempatkan dirinya di urutan keempat list ini.

3. Grock
Inilah salah satu tank yang sedang naik daun dan sering terkena ban di tier Mythic. Memiliki damage yang tinggi menyebabkan dirinya termasuk kedalam jajaran hero tank yang berfungsi untuk membunuh. Damage tinggi tersebut bersumber dari skill 1 miliknya. Selain damage yang tinggi, menggunakan skill 1 di dekat tembok akan memberinya efek immune terhadap segala jenis Crowd Control. Selain skill 1, skill 2 Grock juga cukup mengganggu terlebih ketika hendak melarikan diri dan tiba-tiba tembok muncul di tengah jalan. Ironisnya, skill 2 Grock ini tidak hanya mengganggu lawan tapi juga terkadang mengganggu team. Tak jarang tembok Grock menjadi "malaikat pencabut nyawa" bagi rekannya sendiri. Kemampuan ini pula yang menyebabkan Grock disukai oleh para pelaku troll. Sementara itu, pasif Grock membuat dirinya semakin kuat dan cepat.

Namun sejauh yang IMO lihat, user Grock di tier Mythic lebih sering memanfaatkan skill 1 Grock. Grock juga dialihfungsikan menjadi seorang Fighter dengan emblem assassin. Hal ini memang menjadikan Grock sangat mengerikan di early game. Skill 1 Grock sudah sangat menyakitkan dengan emblem dan build tank. Bayangkan betapa sakitnya bila kemudian Grock dilengkapi emblem assassin dengan build physical. Akan tetapi, bermain dengan menggunakan Grock berarti bermain cepat untuk seluruh team. Pasalnya menjelang late game, Grock dengan build physical akan kehilangan durabilitasnya sebagai tank, bahkan bisa dikategorikan sebagai hero squishy. Bila team kalian hanya memiliki Grock sebagai tank dan dia menggunakan build physical, kalian mesti sebisa mungkin bermain fast battle. Dan inilah yang menyebabkan Grock menduduki peringkat ketiga dalam list ini.

2. Johnson
Ban Johnson. Walau sudah banyak hero baru tank dirilis, kalimat ini masih sering muncul di Draft Pick khususnya ditier Epic. Memang, semenjak dirework, Johnson seketika berubah menjadi tank menakutkan yang lebih berfungsi sebagai pembunuh ketimbang penerima damage (damage receiver). Berbeda dengan Grock yang mesti menggunakan build physical untuk menjadi pembunuh, Johnson hanya perlu melengkapi dirinya dengan item Armor dan setelah itu hanya membutuhkan skill dari sang pilot. Benar, menggunakan Johnson dibutuhkan skill dan latihan yang cukup karena mengemudikan Johnson ketika menjadi mobil tidaklah mudah. Skill ultimate ini pula yang bisa menjadi indikator apakah pilot Si Johnson memiliki jam terbang yang banyak atau tidak. Johnson yang kurang latihan biasanya akan langsung menabrak tembok atau turret ketika baru menjadi mobil. Sebaliknya, pengemudi Johnson yang telah berpengalaman bahkan bisa memutari map berkali-kali tanpa menabrak. Akan tetapi, terkadang pengemudi Johnson yang sudah ahli pun secara sengaja maupun tidak sengaja bisa membawa maut bagi penumpangnya. Bahkan pengalaman IMO sendiri, IMO sebagai penumpang malah dibawa Johnson ke base lawan dan menabrak di fountain lawan yang berarti tewas seketika. :'v Maka dari itu, Johnson juga termasuk ke dalam jajaran hero yang sering dipakai untuk troll mengikuti Grock dan Jawhead. Oh ya, Johnson merupakan hero tank dengan mobilitas paling baik di dalam game. Tapi karena tingkat kesulitan yang lumayan tinggi, maka IMO tempatkan di peringkat kedua. Bila dilihat dari segi popularitas, tentu Johnson akan menempati peringkat pertama sebagai tank yang paling digemari.

1. Minotaur 
Dan inilah dia peringkat pertama di list ini dan sekaligus sebagai tank terbaik versi IMO per September 2018. Sama seperti Grock, Minotaur juga sedang naik daun di season ini, terlebih semenjak ia mendapat rework dari Moonton. Minotaur yang awalnya lebih berperan sebagai Damage Receiver dan Support kini telah berubah menjadi tank pembunuh. Rework besar-besaran pada skill 1 dan skill ultinya telah merubah nasib Minotaur yang dulunya sangat jarang dipick. Skill 1 yang awalnya menghantamkan palunya ke musuh telah diubah menjadi skill yang mirip skill 1 Alucard, yakni melompat ke arah musuh sembali memberi damage. Sedangkan skill ultinya sekarang mengisi Rage Meternya hingga 50% dan ini berarti Minotaur akan lebih mudah memasuki mode Rage. Hal yang paling ditakuti lawan ketika berhadapan dengan Minotaur yang sedang berada dalam mode Rage adalah skill ultinya. Skill ulti Minotaur setelah memasuki mode Rage akan menjadi Crowd Control yang begitu mengerikan. Minotaur akan menghentakkan palunya ke tanah dan lawan yang berada dalam skill rangenya yang cukup luas akan terkena efek knockback sampai 2 kali berturut-turut. Bila sudah terkena hentakan ini, akan sangat sulit bagi lawan untuk melarikan diri. Dan yang lebih mengerikan lagi, hantakan terakhir Minotaur akan menghasilkan true damage dengan jumlah yang tak sedikit terhadap lawan. Selain skill ultimatenya, skill 2 Minotaur yang bersifat healing juga sangat berguna bagi team. Terlebih Minotaur tidak menggunakan mana jadi bisa bebas menggunakan spam skill.

Lalu, bagaimana cara menundukkan Si Banteng ini? Sadarkah kalian bahwa di atas kita hanya membicarakan Mino ketika dia memasuki mode Rage? Nah, Minotaur bila tidak sedang berada di dalam mode Rage tidaklah begitu menakutkan. Basic attack Mino tidak memberikan damage yang cukup besar, sedangkan Mino hanya memiliki skill 1 sebagai skill offense ketika sedang dalam mode Normal. Jadi, kalian bisa menyerbu Mino ketika skill ultimatenya sedang cooldown. Namun perlu diingat bahwa skill ultimate Mino memiliki cooldown yang cukup singkat walau tanpa tambahan cooldown reduction dari emblem maupun gear. Selain itu, Karrie dengan Demon Sword Hunter juga masih bisa membunuh Mino asal Karrie tidak terkena efek dari skill ultimate Mino.

Kombinasi yang paling cocok dengan Minotaur adalah Angela dan Estes. Kombinasi ini akan menyebabkan HP Minotaur terasa sangat tebal dan mereka bisa mencicil dan menyiksa hero lawan bersama. Selain Angela dan Estes, Minotaur sebenarnya bagus juga bila dikombinasikan dengan Rafaela. Namun efek heal yang Rafaela berikan tidak sebanyak Angela ataupun Estes. Sedangkan counter Minotaur adalah Karrie dan Vexana serta beberapa Mage yang memiliki skill crowd control.

So, itulah hero tank yang sedang bagus-bagusnya di Mobile Legends versi IMO untuk saat ini. Manakah favorit kalian?

Semua gambar bersumber dari Google

Comments

Popular posts from this blog

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 6 (RUM Theory & Kandidat Keempat)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzles Part 1 (Apakah Asaca itu Rum?)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 4 (Rum Reveal?)