SPECIAL 1 YEAR IMO - Shikigami Terbaik di Onmyoji Arena


Hai guys! Tidak terasa nih sudah 1 tahun IMO menemani kalian memberikan informasi-informasi keren. IMO pun kini telah memiliki ribuan pembaca dari seluruh penjuru dunia. Walaupun kalian semua menjadi silent readers, IMO tetap berterima kasih karena telah bersedia mengunjungi blog ini. Kalian semua telah menyemangati IMO untuk tetap berkarya. Bahkan terbersit ide untuk membuat postingan berbahasa inggris spesial ulang tahun IMO. Namun takutnya pembaca yang kurang paham berbahasa Inggris menjadi kecewa. Kalau membuat bilingual rasanya IMO akan kekurangan waktu. Ehehe~ Sekali lagi, IMO mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada kalian. Semoga kedepannya IMO bisa menyuguhkan informasi-informasi yang lebih dan lebih bermanfaat lagi bagi kalian semua. Bila kalian memiliki request ataupun ide untuk bahasan selanjutnya, bisa kalian tuliskan di komentar di bawah. ;) Daaaan, untuk ulang tahun kali ini, IMO akan membahas Moba yang sedang naik daun. Yup! Onmyoji Arena~~~

Moba besutan NetEase ini memang baru beberapa bulan rilis, namun namanya sudah bisa dikatakan melambung tinggi. Banyak pemain moba tanah air mulai mengunduh aplikasi permainan yang satu ini, terutama pecinta Jepang. Dari pantauan IMO, Onmyoji Arena bahkan mendapatkan lebih banyak pemain lagi di bulan Juli ini dikarenakan event crossover dengan Inuyasha. Sebagaimana kita ketahui, Anime Inuyasha sangat populer di Indonesia dari zaman awal tahun 2000an sampai sekarang. Maka tak heran bila kolaborasi NetEase dengan Inuyasha telah menarik banyak minat pecinta moba seluruh dunia. 

Namun di artikel kali ini IMO takkan membahas kolaborasi ini, melainkan shikigami (hero) terbaik di Onmyoji Arena. Definisi "terbaik" di sini adalah shikigami-shikigami yang memiliki tingkat kesulitan yang tidak begitu tinggi (friendly to use) namun cukup mengerikan maupun mengesalkan bagi lawan baik karena damage yang tinggi, mobilitas yang cepat, ataupun skill-skill yang membuat lawan kewalahan. Siapa saja itu? Inilah daftar 7+1 Shikigami Terbaik per tanggal 1 Agustus 2018.

7. Enenra
Sebagai seorang Mage, Enenra memang sudah menjadi shikigami yang cukup ditakuti karena damage yang tinggi di early game. Namun, skill-skill miliknya menjadikannya shikigami yang lebih mengesalkan lagi bagi lawannya. Mengapa?
Pertama, skill pasifnya akan membuat Enenra menjadi dua ketika HPnya di bawah 20%. Hal ini akan seketika membingungkan lawan yang sedang mengejarnya. Maka Enenra memiliki peluang lebih dalam menyelamatkan dirinya. Kemudian skill pertama Enenra akan membuat target tidak bergerak selama beberapa detik karena dikurung oleh monster asap miliknya. Skill 2 Enenra adalah damage dealer terbesar dari 3 skill aktif Enenra selain skill 4 (ult). Skill 2 ini bisa memantul beberapa kali hingga terkena lawan. Sayangnya, skill 2 ini juga akan berhenti memantul bila terkena minion lawan. Sedangkan skill 3 Enenra adalah memasang 3 monster asap yang akan otomatis mengejar lawan yang berada di dekatnya. Monster-monster ini akan berhenti mengejar dan menghilang bila lawan berada dalam batas tertentu dengan letak awal monster-monster tersebut. Mereka juga akan hilang bila tidak ada target yang mendekati selama beberapa detik. Dan sama seperti skill 2, skill 3 ini juga bisa mengejar minion lawan. Dan untuk skill ultimate (skill 4) Enenra memberi damage yang cukup tinggi terhadap lawan yang berada dalam lingkaran. Enenra akan melepaskan monster asap yang akan membesar sampai akhirnya meledak. Semakin besar si monster maka akan semakin tinggi damage yang diberikan. Jadi kombonya, cicil HP musuh dengan skill 2, kemudian eksekusi dengan kombo skill 1 + skill 4. Bila musuh masih bisa bertahan, gunakan skill 2 lagi. Selain sebagai Mage, Enenra juga bisa dialihfungsikan sebagai support. Bagaimana tidak, skill 1 dan skill 3 sangat berguna dalam team fight. Nah, maka dari itu Enenra termasuk lawan yang cukup menyebalkan.

6. Higanbana
Mendengar nama Higanbana maka kita akan teringat dengan bunga merah khas negeri sakura yang sering muncul di anime-anime. Nah, shikigami bernama Higanbana disini menggunakan skill berupa bunga higanbana. Sama seperti Enenra, Higanbana yang seorang Mage juga memiliki damage yang cukup menyakitkan. Skill 1 Higanbana merupakan skill pasif yang akan memberikan HP regen bila skill-skillnya mengenai lawan sehingga Higanbana termasuk hero dengan durabilitas yang cukup bagus untuk seorang Mage. Sama dengan Enenra, skill 2 Higanbana juga merupakan damage dealer tertinggi setelah skill ultimatenya. Belum sampai disitu, skill 3 Higanbana bahkan lebih merepotkan lagi karena dapat menyebabkan lawan yang terkena skill tersebut tidak dapat bergerak (immobilize). Dan untuk ultimate nya sendiri, Higanbana melemparkan bunga yang akan menyebar dengan cepat dan memberi damage terhadap lawan yang berada dalam area tersebut. Jadi kombonya, Higanbana pertama menggunakan skill 3 sehingga target tidak bisa bergerak, kemudian menggunakan skill 4 dan diakhiri skill 2 bila target masih bertahan. Namun sembari menunggu cooldown dari skill ultimate, Higanbana bisa melakukan spam skill 3 dan skill 2 untuk menakut-nakuti lawan dan membersihkan lane.

5. Momiji
Satu lagi Mage yang cukup mengesalkan di Onmyoji Arena. Skillnya yang bisa memantul-mantul pada target serta memberi shield pada dirinya menyebabkan Momiji sering dihindari oleh para lawannya. Skill memantulnya ini cukup efektif dalam menghancurkan konsentrasi lawan saat war. Lawan akan saling menjauh satu sama lain agar tidak terkena pantulan daun maple milik Momiji. Hal ini merupakan suatu keuntungan bagi team Momiji karena nantinya bisa menculik lawan satu-satu yang telah menyebar. Selain itu, skill ultimate Momiji sangat efektif dalam hal last hit alias "nyampah". Hal ini dikarenakan skill Momiji yang satu ini akan tetap menarget ke semua lawan walaupun letaknya yang jauh. Tahu kan skill ultimate Yi Sun Shin dari Mobile Legends, skill ultimate Ilumia dari Arena of Valor, atau skill ultimate Gildas dari Heroes Arena? Nah. Skill ultimate Momiji kurang lebih seperti itu. Bagi lawan Momiji yang sedang sekarat, terkena skill ultimate Momiji adalah suatu mimpi buruk.
 
4. Yamausagi
Lemah, begitulah kebanyakan orang memandang hero maupun shikigami ber-role support. Memang benar adanya bahwa kebanyakan hero support mengandalkan rekan setim dalam meraih kemenangan, begitu halnya dengan Yamausagi. Yamausagi sendiri berasal dari dua kata, Yama yang berarti Gunung dan Usagi yang berarti Kelinci. Jadi Yamausagi secara harfiah berarti kelinci gunung. Yup, sesuai namanya, Yamausagi adalah seorang roh kelinci gunung yang menunggangi seekor kodok. Sebagai seorang support, Yamausagi sendiri cukup populer di kalangan para pemain khususnya tier bawah. Tingkat kesulitannya sendiri terbilang cukup gampang dengan skill-skill yang tidak memerlukan kombo yang berarti. Yamausagi juga memiliki skill untuk melarikan diri yang merupakan suatu hal yang langka dimiliki oleh seorang support. Tak hanya itu, IMO menemukan satu keunikan lagi, yakni kemampuannya yang bisa dialihfungsikan sebagai seorang tank. Selain itu pula, skill ultimate Yamausagi dapat mengubah semua lawan menjadi kodok dalam beberapa detik. Jadi dengan mobilitas yang tinggi, durabilitas di atas rata-rata support, serta skill yang menjengkelkan lawan, Yamausagi pantas menjadi salah satu shikigami wajib bagi para pemula.
3. Kusa
Support yang satu ini memiliki kemampuan regenerasi yang sangat baik bagi dirinya maupun bagi rekan satu team. Skill pertamanya saja sudah cukup mampu membuat lawan kesal. Pasalnya, skill 1 Kusa akan memberi shield atau pelindung bagi dirinya ataupun salah satu teman di sekitarnya. Bila shikigami yang sedang dilindungi shield tersebut terkena damage dari lawan, maka shikigami tersebut akan mendapat heal serta shield tersebut berpindah ke rekan terdekat yang akan memberi heal juga bila terkena damage dan berpindah kembali. Shield ini bisa berpindah sampai 2 kali setiap kali digunakan. Jadi, bila kalian mendapat shield hijau dari Kusa, maka jangan khawatir ataupun mundur. Tetap maju karena akan mendapat heal saat kalian terkena damage.
Tahukah kalian skill 1 Lunox? Nah, skill 2 Kusa kurang lebih seperti itu. Kusa akan mengambil HP musuh untuk heal dirinya sendiri. Cooldown dari skill ini juga cukup singkat jadi bisa kalian spam. Semakin tinggi magic damage kalian, maka semakin banyak HP yang kalian dapatkan.
Penyiksaan dari Kusa terhadap lawan belum berakhir sampai disitu. Skill 3 Kusa akan menyebabkan immobilize kepada lawan yang berada dalam area lingkaran. Cukup mengesalkan bila lawan sedang mengejar kalian kemudian terkena skill 3 dari Kusa.
Dan skill ultimate Kusa akan meng-heal seluruh teman di sekitar. Mungkin skill ini terdengar simple, namun menjelang mid-game heal yang Kusa berikan bisa sampai seperempat HP max teman dan efeknya didapat oleh seluruh rekan yang berada dalam jangkauan skillnya yang cukup luas. Hal ini tentu sangat berguna saat team fight sehingga rekan tidak perlu repot-repot untuk recall.
Kusa akan semakin mengerikan apabila diberikan build Mage, damage tinggi dan heal tinggi. Hal-hal inilah yang membuat Kusa menjadi sering terkena ban di tier atas. Yaah bisa dibilang Kusa adalah Angelanya Onmyoji Arena. By the way, Kusa merupakan shikigami favorit IMO lho. :D
2. Yuki Onna

Yuki Onna alias Wanita Salju menduduki peringkat kedua. Walau sebagai Mage dia tidak memiliki skill untuk melarikan diri, namun skill-skillnya bisa membantu dia bertahan dan secara tidak langsung membantunya dalam menyelamatkan diri. Skill 1 yang merupakan skill pasif akan memberinya shield bila menggunakan 3 skill berturut-turut. Skill ini nantinya sangat berguna bagi Yuki Onna agar membuat dirinya "sedikit" lebih keras. Kemudian skill 2 miliknya adalah menggelindingkan bola salju ke arah tertentu. Selain damage yang cukup besar, skill yang satu ini juga berfungsi sebagai harrass untuk menakut-nakuti lawan. Menghindari skill ini merupakan suatu hal yang menjengkelkan bagi lawan. Kemudian skill 3 Yuki Onna dapat memberi efek slow sekaligus knockback bagi lawan. Skill ini sangat berguna ketika Yuki Onna sedang dikejar oleh lawan sehingga jarak antara dia dan lawan semakin jauh. Bila sudah begini, lawan pun akan kehilangan selera untuk mengejarnya. Dan skill 4 atau skill ultimate milik Yuki Onna adalah memunculkan badai salju di area tertentu dalam area lingkaran. Musuh yang berada di area tersebut akan terkena slow dan bila tidak segera keluar dari area tersebut, maka musuh akan terkena freeze selama beberapa detik. Skill ini kurang lebih mirip skill 2 Miya di Mobile Legends, namun uniknya lawan bisa terkena freeze berkali-kali bila ngeyel berada di lingkaran tersebut. Walau memiliki jangkauan area yang terbilang cukup sempit untuk ukuran skill ultimate, namun skill ini sering sukses dalam memecah konsentrasi lawan ketika sedang war. Selain itu pula, skill ini juga cukup efektif dalam hal one-on-one.
Jadi kombonya, kalian hanya perlu spam skill 2 terus menerus. Bila musuh mendekat atau kalian berinisiatif mendekati musuh, bisa langsung menggunakan skill 3. Skill 3 ini juga bisa digunakan untuk mendorong musuh masuk ke area skill 2 atau skill 4. Spam skill-skill kalian secara berkala agar skill 1 Yuki Onna bisa aktif.

1. Kiyohime 
Dan ini dia shikigami paling mengesalkan di Onmyoji Arena, Kiyohime. Role yang dia miliki adalah Mage juga jadi skill-skillnya juga cukup menyakitkan seperti Mage lainnya. Bukan hanya itu, skill-skill Kiyohime juga sangat mengganggu. Skill 1 miliknya merupakan skill aktif yang paling mengganggu di early game. Bagaimana tidak? Kiyohime memunculkan lingkaran beracun yang dapat memberi continuous damage yang cukup besar pada lawan. Lingkaran areanya pun cukup luas serta cooldown yang cukup singkat. Jadi, selain sebagai harrass, skill 1 ini juga ampuh untuk menyicil HP target. Lanjut ke skill 2, Kiyohime melemparkan ular ke sasaran dan bila mengenai target, maka akan muncul tali penghubung antara Kiyohime dengan target. Tali penghubung ini nantinya akan dikombokan dengan skill 3. Nah... Skill 3 Kiyohime ini akan melemparkan api ke arah target. Bila Kiyohime sedang terhubung dengan suatu lawan dari penggunaan skill 2, maka skill 3 ini akan otomatis mengarah ke lawan tersebut. Kombinasi skill 2 dan skill 3 ini sangat cocok untuk menghadapi lawan one-on-one. Dan untuk skill 4 nya adalah skill buff dimana saat diaktifkan, Kiyohime akan immune terhadap serangan control selama beberapa detik dan menyebabkan skill 3 tidak memiliki cooldown. Jadi kombonya, kalian bisa spam skill 1 untuk menyicil HP lawan, kemudian gunakan skill 2. Bila berhasil terhubung, segera gunakan skill 4 kemudian spam skill 3 hingga lawan tewas. Bila lawan masih bisa bertahan, akhiri dengan skill 1. Bagaimana? Mengerikan bukan? Di tangan pro player, Kiyohime bisa menjadi mesin pembunuh bak Mage rasa Ninja (Assassin). Bila Kiyohime berhasil mendominasi permainan di awal, maka kalian patut waspada terhadapnya bila Kiyohime adalah lawan kalian. Cara terbaik untuk menjatuhkan Kiyohime yang sedang mendominasi permainan adalah dengan cara keroyokan atau pengguna shikigami Ninja di team kalian adalah pro player.

Special: Inuyasha 
Sebagai penutup, IMO memasukkan Inuyasha sebagai salah satu shikigami yang cukup mudah digunakan dengan skill yang menjengkelkan. Hal yang menyebalkan dari Inuyasha adalah pada skill pasifnya dan skill ultimatenya. Skill pasif Inuyasha akan memberikan tambahan damage pada basic attack yang ketiga. Selain itu, bila HP Inuyasha berada di bawah 20% maka ia akan otomatis mendapatkan HP regen sampai HPnya kembali menjadi 50% dari total max HP. Sedangkan untuk skill ultimatenya sendiri akan memiliki 4 form sesuai level dari skill 4 tersebut. Setiap form memiliki efek dan damage yang berbeda. Dan yang paling membahayakan adalah skill ultimate final form dimana pedang Inuyasha akan melepaskan bola kegelapan yang menarik lawan agar saling mendekat dan memberi efek knockback serta continuous damage.

Sooo... Itulah shikigami-shikigami terbaik di Onmyoji Arena versi IMO. Mengapa kebanyakan Mage dan Support? Kembali lagi ke definisi "terbaik" yang telah IMO jelaskan di awal. Mage dan Support cukup mudah digunakan dan sudah dibekali damage yang sakit sedari awal permainan khusus untuk Mage. Selain Mage dan Support, ada pula Shikigami yang cukup mengesalkan seperti Puppeteer, Maestro, Mouba, Chin, Kyonshi Imoto, Inugami, dan lainnya. Namun mereka agak susah untuk digunakan dan beberapa memiliki damage awal yang tidak begitu menyakitkan. Namun bila sudah menguasai, tidak ada yang sulit. Jadi, shikigami mana favorit kalian?

Semua gambar bersumber dari Google

Comments

Popular posts from this blog

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 6 (RUM Theory & Kandidat Keempat)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzles Part 1 (Apakah Asaca itu Rum?)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 4 (Rum Reveal?)