Intermezzo: April-5 Lelucon April Mop Terniat


Suasana bulan April sungguh kental akan lelucon atau guyonan. Hal ini dikarenakan Hari April Mop atau April Fools yang jatuh tepat di tanggal 1 April setiap tahun, seakan menyambut April dengan penuh canda dan tawa. April Mop sendiri merupakan kesempatan setiap orang untuk sepuasnya berbohong dalam batas wajar serta menjahili rekan-rekan maupun keluarga. Sehingga tak jarang orang yang sungguh antusias menyambut Hari April Bodoh ini. Namun sayangnya, masih banyak orang di luar sana yang terlalu antusias sampai merugikan bahkan membahayakan orang lain.

Beberapa hari usai April Mop 2018 misalnya, tersiar berita bahwa seorang pria telah dikremasi hidup-hidup saat menjalankan prank pura-pura mati saat bekerja seperti dilansir dari laman 8shit.net. Untuk info lebih lanjut mengenai berita ini, kalian bisa klik di sini. Namun berita tersebut langsung disanggah oleh laman ini. Walau demikian, IMO tetap menyarankan kalian untuk tidak berlebihan dalam melakukan suatu prank atau kejahilan. Bisa saja berita hoax pengkremasian tersebut menjadi nyata atau hal-hal buruk lainnya.

Di sini IMO akan membahas mengenai prank-prank yang dilakukan dengan niat yang amat sangat yang bisa membuat kalian tertawa. Walau begitu, akan ada juga satu kejadian ironis nan tragis masuk dalam daftar ini. So, let's check to the list!

5. Panen Spageti April 1957

Iya, kalian tidak salah baca. Pada bulan April 1957, BBC menayangkan berita mengenai panen spageti yang dilakukan oleh petani Swiss. Terlihat seorang wanita bersama petani lain sedang asyik memetik spageti yang "tumbuh" dari pepohonan seperti kacang panjang. Petani pria pun mewadahi "panen" tersebut yang cukup banyak.Saking bagusnya, bahkan banyak yang percaya sampai menelepon menanyakan cara menumbuhkan dan memelihara tanaman spageti tersebut. Banyak kalangan pun menyebut prank ini sebagai prank April Mop terbaik sepanjang masa.

4. Sensasi Melayang 1 April 1976

BBC kembali menjahili pemirsanya pada April Mop 1976. Di saat itu, BBC Radio 2 melakukan sesi wawancara dengan seorang astronom ternama Inggris bernama Patrick Moore. Moore menyebutkan bahwa pagi itu tepatnya pukul 09.47 akan terjadi fenomena alam langka dimana Pluto akan mendekati Jupiter yang menyebabkan gravitasi Bumi melemah (dimana IMO pikir hal tersebut tidak masuk akal hahaha). Moore juga menyarankan masyarakat untuk melompat tepat pada waktu yang disebutkan untuk merasakan "sensasi" melayang sesaat. Hebatnya, banyak warga percaya dengan hal itu. Hal yang paling lucu adalah ketika banyak yang menelepon BBC menyatakan telah merasakan "sensasi" yang dimaksud.Ckckck~

3. Penguin yang Terbang 1 April 2008

Seakan BBC tak pernah kehabisan akal, 1 April 2008 BBC kembali menghebohkan pemirsanya dengan sebuah liputan mengenai penguin. Liputan ini bukan mengenai penguin biasa, melainkan penguin terbang yang katanya merupakan spesies baru dalam sebuah trailer dokumenter berjudul Miracle of Evolutions. Seakan tidak belajar dari prank-prank sebelumnya, lagi-lagi warga heboh. Saking bagusnya video buatan BBC ini sampai-sampai banyak media inggris lain "melaporkannya".

2. TV Berwarna 1962

Tahun 1962, ketika di Swedia saat itu hanya memiliki satu stasiun dan berwarna hitam-putih, seorang teknisi stasiun TV tersebut bernama Kjell Stensson mengutarakan cara membuat TV berwarna instan dengan membungkus TV menggunakan stoking nilon. Memang terdengar konyol, namun faktanya banyak pemirsanya yang mencoba melakukan hal tersebut demi mendapatkan TV berwarna. Namun siaran berwarna sesungguhnya baru diluncurkan tanggal 1 April 1970.

1. Tsunami April Mop 1 April 1946

1 April 1946 terjadi gempa yang cukup besar berkekuatan 7,8 SR di kawasan Hawaii, Amerika Serikat. Gempa tersebut kemudian disusul peristiwa tsunami yang menelan korban jiwa sebanyak 165 orang. Korban-korban ini sendiri adalah mereka yang tidak percaya akan berita datangnya tsunami dikarenakan hari itu bertepatan dengan hari April Mop sehingga mereka pikir berita tersebut hanyalah sebuah gurauan. Oleh sebab itu, hingga kini peristiwa tersebut dikenal dengan nama "Tsunami April Mop". Bencana ini juga yang kemudian mendorong pemerintah membentuk Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di tahun 1949.
Tsunami April Mop


Nah, bagaimana menurut kalian? IMO sih, nomor 5 sampai 2 cukup membuat tertawa ya. Sedangkan nomor 1 adalah kejadian yang sungguh ironis. Kesimpulannya, bercanda dan bergurau boleh asal dengan batas sewajarnya dan di waktu dan tempat yang tepat. Oh iya, IMO juga sempat membaca tentang seorang pria yang tewas akibat dikerjai temannya sendiri. Ceritanya begini, korban saat itu tengah tidur di dalam mobilnya hingga datang temannya yang hendak menjahili korban. Teman korban tersebut menyalakan mobil tepat di dekat mobil dimana korban tidur di dalamnya kemudian menginjak gas sekencang-kencangnya hingga asap pekat mobil masuk ke dalam mobil tempat korban tidur. Selang beberapa menit kemudian, teman korban mengecek korban dan didapati korban telah tertidur selamanya akibat keracunan gas karbon monoksida yang berasal dari asap mobil tadi. Jadi, ingat! bercandalah sewajarnya.


Semua gambar bersumber dari Google

Comments

Popular posts from this blog

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 6 (RUM Theory & Kandidat Keempat)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzles Part 1 (Apakah Asaca itu Rum?)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 4 (Rum Reveal?)