Iptek: 5 Hal Berpotensi Sebabkan Perang Dunia III

Ilustrasi Perang Dunia III
Tak terasa waktu berjalan begitu cepat. 72 tahun sudah Indonesia merdeka dan 72 tahun pula dunia telah meraih kedamaian secara umum usai berakhirnya Perang Dunia kedua tepatnya tanggal 02 September 1945. Seiring dengan berjalannya waktu, usia kedamaian pun semakin tua dan memicu konflik-konflik di seluruh penjuru dunia yang tentu saja bisa mengulang sejarah. Bukan rahasia lagi bahwa bisa saja Perang Dunia ke-3 meledak setiap saat. Beberapa pemicunya sangatlah rentan sehingga hal-hal tersebut sangat perlu untuk diperhatikan dan dipikirkan dengan saksama. Lalu, apakah hal-hal tersebut? Berikut IMO sajikan 5 hal yang berpotensi besar menyebabkan perang dunia ketiga menurut IMO.

5. Kebebasan Palestina
Pertikaian antara Israel dan Palestina telah menyita perhatian dunia. Bagaimana tidak? Perang yang telah dimulai sejak abad ke-20 hingga sekarang itu telah menggoreskan luka ke banyak pihak terutama pihak Palestina. Konflik yang satu ini telah banyak melahirkan pro maupun kontra di seluruh dunia. Ada yang pro bahwa Israel memang harus menaklukkan Palestina dan Palestina harus menyatu dengan Israel. Ada pula yang pro bahwa Israel harus mengentikan invasinya dan memberi kemerdekaan kepada Palestina atas dasar kemanusiaan. Nah, suatu saat mungkin saja mereka yang pro dengan mereka yang kontra akan beradu, terlebih lagi bila ada kepentingan politik di belakangnya.
4. Agama Terbaik
Seperti yang kita ketahui bahwa ada dua agama terbesar saat ini, yaitu Islam dan Kristen. Keduanya sama-sama agama langit dengan Allah sebagai Tuhannya. (Tolong koreksi bila saya salah) Namun nyatanya terdapat konflik "turun-temurun" di antara keduanya. Entah apa pemicu awalnya, namun saat ini sangat banyak teroris-teroris di luar sana yang mengatasnamakan agama dan katanya demi menjalankan apa yang agamanya ajarkan. Padahal menurut penulis, tidak ada di dunia ini agama yang mengajarkan penganutnya untuk membunuh orang lain apapun alasannya. Dan sebenarnya bukan hanya dua agama di atas yang memiliki hubungan panas, namun dua tersebut yang paling terkenal. Bila konflik agama tersebut terus berlanjut, bisa saja perang agama akan pecah sebagai perang dunia ketiga, perang dimana umat manusia membela agamanya. Sebenarnya bila diperkecil, perang yang satu ini bisa jadi terjadi di Indonesia.
3. Ambisi Korea Utara
Berita terakhir yang santer di media adalah pernyataan Korea Utara yang akan mengirimkan rudal ke Guam, Amerika Serikat dan juga ke Jepang bagian utara. Pemerintah setempat telah menginstruksikan warganya agar segera mengungsi ke daerah yang aman. Well... Sudah menjadi rahasia umum mengenai Korea Utara yang ambisius ingin menaklukkan dunia. Apabila kelakuan Korea Utara terlihat sudah kelewatan, bukan tidak mungkin Amerika akan mencetuskan perang terhadap Korea Utara. Perang nuklir pun mungkin takkan terelakkan.
2. Kekuasaan Amerika
Amerika sebagai negara adikuasa memang sungguh disegani berbagai negara di dunia. Bahkan Amerika memerankan berbagai peran penting di berbagai bidang. Banyak organisasi-organisasi vital dunia bermarkas di sana. Sudah sepatutnya Amerika paling suportif dalam hal menjaga kedamaian dunia. Namun nyatanya tidak selalu demikian, apalagi semenjak mangkatnya Donald Trump sebagai Presiden Amerika usai masa jabatan Barrack Obama habis. Trump terkenal akan ambisinya untuk membangun Amerika dengan berbagai cara. Hal itupun terdengar dari janji-janji kampanyenya yang lebih terdengar mainstream. Nah, bila Trump berambisi ingin menaklukkan dunia, maka bukan tidak mungkin lagi perang dunia tiga akan meletus.

1. Global Warming
Alam menciptakan segalanya dan nantinya akan kembali ke alam. Semakin banyak milik alam yang manusia rusak, semakin cepat alam akan mengambil lagi miliknya. Hal terburuk yang telah manusia lakukan adalah sebagai penyebab utama Global Warming yang meningkatkan suhu rata-rata bumi sehingga es di kutub mencair dan air laut menjadi naik. Selain itu, dampak terburuk Global Warming adalah terjadinya perubahan iklim di Bumi sebagai penyebab El Nino (kemarau panjang) dan La Nina (meningkatnya curah hujan) yang menyebabkan kekeringan dan banjir. Bila dua peristiwa alam ini terjadi secara terus-menerus, maka musim pun tak akan bisa diramal yang bisa menyebabkan kegagalan panen. Bila panen gagal, sudah pasti akibatnya adalah kelaparan yang merajalela. Krisis pangan dan air bersih pun akan terjadi dimana-mana. Dan bila ini terjadi, bukan tidak mungkin lagi Perang Dunia III akan merebutkan air bersih dan tanah yang subur. Sungguh akan menjadi peperangan yang ironis, bukan?

Maka dari itu, sebelum hal-hal di atas terjadi, lebih baik dari sekarang kita menjaga perdamaian dunia dan menjaga alam bersama. Kita mesti aktif mengajarkan anak cucu kita untuk saling menyayangi sesama ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Dan tepat hari ini, 02 September, 72 tahun lalu negara meraih kedamaian dan mari kita jaga hingga anak cucu kita nanti bisa merasakan kedamaian juga. :)

Gambar dan beberapa fakta bersumber dari Google.

Comments

Popular posts from this blog

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 6 (RUM Theory & Kandidat Keempat)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzles Part 1 (Apakah Asaca itu Rum?)

Anime: Detective Conan-The Messed Puzzle Part 4 (Rum Reveal?)